MAHASISWA PRODI EKONOMI ISLAM, ASAH KEMAMPUAN DIBIDANG ENTREPRENEUR

TAMARA: SAYA MEMANAGE USAHA SEMBARI KULIAH
Entrepreneur (Wirausahawan) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Saat ini Universitas Jambi (Unja) telah melakukan berbagai program kewirausahaan mahasiswa untuk menampung jiwa entrepenuer mahasiswa sehingga para mahasiswa bisa langsung terjun berwirausaha dengan diberikan modal.

Hal tersebut sejalan dengan Visi dan Misi Unja yaitu menuju a World Class Entreprenuership University dengan salah satu misinya adalah melaksanakan pendidikan berkualitas serta mengembangkan kreativitas entrepreneur sesuai dengan bakat dan minat mahasiswa, kemudian Menghasilkan para lulusan entrepreneur dari berbagai bidang keilmuan yang kompetitif serta mampu mengaplikasikan ilmu sesuai bidangnya secara professional dan Melaksanakan berbagai penelitian kreatif dan inovatif yang mendukung pelaksanaan pendidikan entrepreneur yang berkualitas.

Tamara Augustine, mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi (Unja) merupakan salah satu mahasiswa Unja yang memiliki jiwa entreprenuer sejak dini. Untuk lebih mengasah kemapuannya, Ia memperdalam ilmunya pada jurusan Ekonomi Islam.

Baginya menjadi salah satu entreprenuer merupakan hobi yang bisa mendatangkan hasil. Saat ini ia memiliki usaha rumah kos `The Kost Jambi` yang terletak di Simpang III Sipin. Selain itu, ia juga aktif di Online shop menjual berbagai macam produk seperti sedotan minuman dengan bahan stainless steel dan logam stainless steel, produk perawatan kecantikan serta produk lainnya.

Ia mengatakan cita-citanya bukanlah menjadi wirausaha saja, tetapi ia bercita-cita ingin menjadi dosen.

“ Cita-cita saya ingin jadi Dosen tapi saya juga sangat tertarik untuk berwirausaha, saya rasa kedua profesi itu bisa dijalankan bersamaan. Cita-cita menjadi dosen sekaligus mengelola usaha keluarga tentunya akan sangat menyenangnkan, disatu sisi saya tetap bisa menjadi entreprenuer, disisi lain ketika menjadi dosen saya bisa menjadi bagian untuk mencerdaskan anak bangsa,” Ujar Tamara.
Tamara juga mengatakan, saat ini management pengelolaan rumah kos diserahkan langsung oleh orang tua kepadanya. Dengan kesibukannya sebagai seorang mahasiswa, ia harus bisa mengatur waktu antara kuliah dan usahanya agar dapat berjalan dengan baik.

“ Saya memanage usaha saya sembari kuliah, saya membuat timeline untuk usaha saya, bagaimana promosinya, bagaimana targetnya dan bagaimana pasarnya, dan ini pernah saya pelajari waktu kuliah,” tambah anak kedua dari pasangan Drs. Zuzuis A Zikin, M.M dan Tin Suhartini, S.E ini.

Tamara mengambil jurusan Ekonomi Islam dikarenakan ia tertarik dengan metode pengelolaan dengan menggunakan sistem ekonomi Islam yang menurutnya lebih membuat perekonomian berkembang.
Tamara mengatakan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 mahasiswa haruslah berpikir kreatif dan berkarya dalam dunia entrepenuer karena nantinya akan bisa membuka lapangan pekerjaan.

SILVIA YULIANSARI ASRIL

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com