FH UNJA INISIASI DISKUSI PUBLIK BERSAMA 42 PT SE-INDONESIA

Mendalo– Fakultas Hukum (FH) Universitas Jambi (Unja) bersama Kepolisian Daerah Jambi (Polda Jambi) menggelar kegiatan diskusi Publik bersama 42 Perguruan Tinggi (PT) Se-Indonesia dengan tema “Sikap cerdas generasi milenial menangani hoaks dengan konstruktif dan solutif” di Ruang Fuad bafadhal (14/3).

Kegiatan diikuti oleh 80 orang mahasiswa FH dan 42 Perguruan Tinggi se-Indonesia melalui sambungan video teleconference. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Dr. Helmi, S.H., M.H. yang dalam sambutannya berpesan kepada mahasiswa untuk bisa cerdas menyikapi hoax.

“Untuk generasi milenial, kita harus secara cerdas menyikapi hoaks yang sedang marak, apalagi sekarang musim tahun politik,” kata Dr Helmi.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, Menurutnya hoaks disebarkan melalui banyak macam media, termasuk media sosial yang banyak menyebarkan hoaks.

“Sekarang banyak sekali varian yang menjadi hoaks. Apalagi sekarang musim pemilu, dan siapapun bisa melakukan hoaks. Jadi harus hati-hati menyikapi,” tambahnya.

Sementara itu, Kasubdit PID Humas Polda Jambi, Kompol Mas Edi mengatakan, melalui diskusi publik ini diharapkan akan memberikan manfaat dan ilmu dalam menangkal hoax

“Banyak materi yang disampaikan oleh narasumber, yang intinya bagaimana kita nanti bisa menangkal hoax yang kadang tidak bisa dibedakan,” ujarnya.

Kegiatan ini mengahadirkan tiga orang nara sumber yaitu Direktur Kriminal Khusus Polda Jambi, Kombes Pol Daniel Yudo Ruhoron dengan materi yang disajikan mengenai “Penegakan hukum cyber crime”, Kemudian Ketua Bagian Hukum Internasional FH Unja, Rahayu R Harahap,S.H., LL.M dengan materi “Hoaks dari perspektif konvensi internasional tentang hak sipil dan politik” serta Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jambi, Herri Novealdi, S.H., MH dengan mengambil materi “Dampak negatif penggunaan media sosial dan cara mengatasi hoak”.

SILVIA YULIANSARI ASRIL

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com