SEMINAR BEASISWA (IMADIKA) FOKUS SAMPAIKAN TIPS DAN TRIK UNTUK DAPATKAN BEASISWA

Muaro Jambi– Ikatan Mahasiswa Administrasi Pendidikan (IMADIKA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Jambi (Unja) adakan Seminar Beasiswa di Balairung Universitas Jambi Kampus Unja Mendalo, pemateri memberikan tips dan trik cara mendapatkan beasiswa regional, nasional dan Internasional. Minggu (10/3).

Mengusung tema beasiswa IMADIKA datangkan pemateri terkait beasiswa di perguruan tinggi diantaranya: Dr. Sri Wachyunni. SS., M.Hum., MA sebagai Kepala UPT Layanan Internasional dan Rikky Herdiyansyah SP., Msc sebagai Awaardee BPPDN Kemenristek Dikti serta dihadiri Prof. Dr. Ir. H. Abdul Aziz, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi.

Seminar Beasiswa oleh IMADIKA di Balairung Universitas Jambi

Prof. Dr. Ir. H. Abdul Aziz, M.Si mengatakan bahwa prestasi mahasiswa akan menjadi tolak ukur utama untuk mendapatkan beasiswa di Universitas Jambi, namun selain itu masih ada beberapa faktor yang menunjang untuk mendapatkan beasiswa salah satunya dokumen-dokumen pendukung harus dipersiapkan dengan matang.

“Prestasi itu pasti menjadi tolak ukur utama, disamping prestasi nanti dokumen-dokumen pendukungnya juga dipersiapkan, seleksi secara mandiri dilakukan pihak Universitas untuk menyeleksi mahasiswa penerima beasiswa.” ungkapnya dalam kata sambutan membuka acara seminar.

Dr. Sri Wachyunni. SS., M.Hum., MA selaku pemateri seminar mengatakan kiat-kiat mendapatkan beasiswa adalah The power of dream, itu merupakan sumber kepercayaan ketika ingin mencapai sesuatu dan mewujudkan apa yang harapkan. selain The power of dream kesiapan secara umum terhadap syarat-syarat beasiswa dan selalu update mengenai informasi-informasi terkini tentang beasiswa perjenjangnya.

Moderator dan pemateri saat sesi shareing dalam acara seminar

“The power of dream harus kita bangun dari sekarang kalau kita ingin mencapai sesuatu itu merupakan salah satu kekuatan bagi kita untuk mewujudkan apa yang kita harapkan. Saya memndapat beasiswa pada tahun 2008 berkesempatan melanjutkan studi ke negri kincir angin yakni belanda. Intinya yang paling penting cara kita mencari tahu tentang informasi beasiswa perjenjangnya.” ungkapnya menyampaikan pengalaman kepada peserta saat seminar.

Rikky Herdiyansyah SP., Msc juga menyampaikan beberapa motivasi kepada mahasiswa yang menginginkan beasiswa khususnya di strata satu. kunci dari itu semua adalah terus mencoba, jika gagal sekali maka coba lagi. Jangan pernah putus harapan karena semua kemungkinan itu ada termasuk mendapatkan kemudahan ekonomi untuk berkuliah.

“Ketika saya S1 mendapat beasiswa yaitu dari Pemerintahan Daerah dan PPA (peningkatan prestasi akademik), dengan itu saya bisa berkuliah. Ini salah satu bukti ekonomi tidak mesti menjadi penghambat niat kita berkuliah. Semangat dan terus usaha percaya tuhan punya rencana yang lebih indah serta jangan pernah kecewa.” ungkapnya.

Terpisah, mahasiswa S1 tampak antusias memperhatikan paparan dari pemateri di acara Seminar Beasiswa ini salah satunya Dian mahasiswa semester 2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengungkapkan apresiasinya terhadap acara seminar ini.

“Menurut saya pemateri-pemateriny sangat luar biasa, mereka bukan hanya memberikan informasi dan trik agar bisa mendapatkan beasiswa. Namun, juga memotivasi kami para mahasiswa dan para pelajar SMA/Sederajat, dari cerita-cerita inspiratif mereka dalam menempuh pendidikan, dan memotivasi kami untuk tidak takut untuk mencoba, berusaha, dan bermimpi. ” ungkapnya saat di wawancarai wartawan Genta.

DHEANISYA / TASYA / GIFARLI
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com