FKIP UNJA JALIN KERJASAMA DENGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MUARO JAMBI

Muaro Jambi-Dekan FKIP Universitas Jambi dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi melakukan penandatangan Memorandum Of Agreement (MoA) di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (13/03).
Acara penandatangan MoA disaksikan oleh Wakil Dekan I FKIP Drs. Syahrial, M. Ed., Ph.D,Ketua Progam studi pendidikan Fisika Wawan Kurniawan, S.Si., M.Cs, Sekretaris Dinas Pendidikan, dan ketua PGRI Kab. Muaro Jambi Ismianto, M.Pd.

Foto bersama setelah penandatanganan kerjasama MoA di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi yang (dari kiri) Ketua Prodi Pendidikan Fisika Wawan Kurniawan, S.Si., M.Sc, Ketua PGRI Kabupaten Muaro Jambi ketua PGRI Kab. Muaro Jambi Ismianto, M.Pd, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Dekan FKIP UNJA Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M. Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H.Erwanisah.M,SE, WD 1 FKIP UNJA Drs Syahrial, M.Ed., Ph.D., dan dosen Prodi Pendidikan Fisika Rahmat Febrika Basuki, S.Pd., M.Pd.

Prof. Dr. rer.nat. Asrial, M.Si mengatakan tujuan dari acara MoA adalah untuk menjalin kerjasama yang bersifat kemitraan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pemberdayaan sumber daya manusia antara FKIP dan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi.

“Selama ini kegiatan pendidikan (PLP/PPL), penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dosen-dosen FKIP banyak dilakukan di wilayah Muaro Jambi, Oleh sebab itu perlu dilakukan kerjasama yang bersifat kemitraan,” Kata Dekan FKIP Unja.

Senada dengan itu H. Erwanisah. M, SE menyambut baik adanya Memorandum Of Agreement (MoA) ini dan dengan adanya kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan FKIP Universitas Jambi dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Muaro Jambi.

Penandatanganan MoA oleh Dekan FKIP UNJA Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi H. Erwanisah. M, SE di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi.

“Adanya kerjasama ini bisa memecahkan permasalahan yaitu membantu guru yang kesulitan untuk menulis artikel ilmiah sehingga tidak menjadi kendala untuk kenaikan pangkat,” ungkapnya.

H.Erwanisah.M,SE berharap kedepannya dengan bekerjasama dengan FKIP Universitas Jambi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi bisa lebih maju serta bisa menjadi model bagi kabupaten lainnya.

”Saya berharap FKIP Unja dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” pungkasnya.

Sebagai langkah nyata dari MoA dan untuk menjawab permasalahan kesulitan guru dalam menulis artikel ilmiah, Ketua Prodi Pendidikan Fisika Wawan Kurniawan, S.Si., M.Sc menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat akan diadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel bagi guru di Kab. Muaro Jambi. Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unja.

”Dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan pelatihan dan pendampingan artikel bagi guru di Muaro Jambi sebagai pelaksanaanya adalah dosen Prodi Pendidikan Fisika,” katanya.

Ruang lingkup kerjasama ini mencakup tri darma perguruan tinggi yang meliputi:
1. Kerjasama di bidang pendidikan khususnya kegiatan praktik kependidikan (PLP) dan praktik pengalaman lapangan program profesi guru (PPL-PPG).
2. Kerjasama dalam bidang penelitian melalui Joint Research dosen, guru dan mahasiswa di sekolah-sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi.
3. Kerjasama dalam bidang publikasi artikel ilmiah hasil penelitian pada Jurnal yang diterbitkan oleh FKIP Universitas Jambi.
4. Kerjasama dalam bidang pengabdian kepada masayarakat melalui program:
5. Program PINTAR (Pengembangan INovasi KualiTasPembelajARan) yang bekerjasama dengan Tanoto Faundation.
6. Lesson study guru mata pelajaran.
7. Impelementasi media pembelajaran hasil penelitian dosen dan mahasiswa.
8. Peningkatan kompetensi guru dilakukan melalui kegiatan pelatihan seperti pelatihan tentang pendalaman materi dan pedagogi, pelatihan penelitian untuk guru, pelatihan penulisan artikel ilmiah, pelatihan pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran, pelatihan pengembangan autentik asessment, pelatihan pengelolaan laboratorium, dan lain sebagainya.
9. Pembinaan kegiatan ekstrakurukuler dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan keterampilan siswa misalnya pelatihan olimpiade, penulisan karya ilmiah, penelitian ilmiah siswa dan lain sebagainya.

FEBRIKA RAHMAT BASUKI / SITI ENIK MUKHOIYAROH / BAMBANG
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com