UNJA TUAN RUMAH AMSA DISTRICT 1 PROJECT

Buluran- Asian Medical Students’ Association (AMSA) adalah sebuah organisasi berskala internasional yang dibentuk oleh Mahasiswa Kedokteran se-Asia dan Asia Pasifik di Manila, Filipina pada tahun 1985. AMSA merupakan organisasi yang bersifat Non-Profit dan Non-Politik. Kegiatan-kegiatan AMSA antara lain adalah berbagi ilmu melalui kerjasama antar-negara, mengadakan program pertukaran pelajar, serta memberikan bantuan sosial bagi yang membutuhkan. Salah satu misi dari kepengurusan AMSA-Indonesia 2018/2019 adalah memgembangkan potensi anggota AMSA-Indonesia sesuai dengan filosofi AMSA, yakni: knowledge, action, dan friendship

AMSA District 1 Project merupakan program sosial distrik tahunan yang diketuai oleh Ambassador of Public Health AMSA-Indonesia pada distrik tersebut dan dihadiri oleh peserta yang merupakan perwakilan Universitas di distrik tersebut. Distrik 1 mencakup Wilayah Sumatera yang terdiri dari AMSA-Unsri, AMSA-UMP, AMSA-Unja, AMSA-Uniba dan AMSA-Unsyiah.

Setelah melalui proses musyawarah, maka terpilihlah Universitas Jambi sebagai tuan rumah AMSA District Project untuk distrik 1 pada tahun 2019. Selain kegiatan sosial, ADP juga terdiri atas AMSA District Gathering, City Tour, Lecture Session dan aktivitas tambahan lain yang disesuaikan dengan tema “CARDIAC: “Check the community and provide prevention of cardiovascular disease”. AMSA District 1 Project dilaksanakan pada tanggal 22-24 Maret 2019.

Adapun rangkaian acara nya antara lain Forum Group Discussion (FGD)
yaitu sesi pembekalan materi kepada peserta mengenai topik yang akan diberikan kepada masyarakat oleh Dokter Spesialis perwakilan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI). Judul materi yang diberikan adalah “Pentingnya Pengetahuan Mengenai Pencegahan Penyakit Jantung”.

Agenda lainnya adalah Welcoming Party yang merupakan acara pembukaan AMSA District Project (ADP) 2019 yang disertai dengan  Opening Ceremonial Kemudian dilanjutkan dengan Social Action, yang sepenuhnya bersifat non-profit dan bertujuan untuk memberi dampak bagi masyarakat luas terutama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Hal ini juga menjadi sarana bagi peserta untuk berlatih memberikan pelayanan kesehatan bersama dokter ahli dari PAPDI, PERSADIA, PMI dan. Social action  dilaksanakan di Kampung Seberang, yang terbagi menjadi beberapa rangkaian antara lain;
Pengukuran tekanan darah, pengkuruan index massa tubuh, pemeriksaan gula darah dan asam urat serta konsultasi dengan dokter.

Agenda lainnya adalah Health Campaign. Kegiatan ini 
merupakan rangkaian social action lainnya yang dilakukan oleh peserta dengan memberikan penyuluhan serta edukasi mengenai pentingnya pengetahuan mengenai pencegahan penyakit jantung melalui poster kepada masyarakat umum.

Adapun agenda terakhir dalam rangkaian kegiatan ini yaitu City Tour
yang dimaksudkan agar peserta mengenal lebih dekat mengenai budaya Jambi. Beberapa tempat yang dikunjungi yaitu Museum Gentala Arasy dan mengunjungi pengrajin batik.

Terakhir, Farewell Party yang merupakan penutup dari rangkaian acara AMSA District Project (ADP) yang bertujuan untuk menjalin hubungan harmonis antara mahasiswa kedokteran di distrik 1 sehingga diharapkan setelah terselenggaranya kegiatan ini dapat membawamanfaat bagi masyarakat sekitar serta dapat meningkatkan pengetahuan dan lebih mempererat hubungan mahasiswa kedokteran yang tergabung dalam AMSA-Indonesia Distrik 1.

VIVI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com