REKTOR PANTAU PELAKSANAAN UTBK 2019


Mendalo- Rektor Universitas Jambi (Unja) Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D memantau langsung pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan mengunjungi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) di Kampus Buluran kemudian dilanjutkan menuju Laboratorium UPT Bahasa di Kampus Telanaipura pada hari pertama pelaksanaan UTBK. Hari kedua, Rektor meninjau pelaksanaan UTBK di Lab LPTIK, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Kampus Mendalo dan berakhir di SMA Titian Teras H Abdul Rahman Sayuti di Kabupaten Muaro Jambi (14/4).

“Ada beberapa perubahan pada alur penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN 2019. Jika sebelumnya siswa yang akan mengikuti test SBMPTN langsung bisa memilih jurusan dan PTN yang diinginkan, namun pada SBMPTN 2019 ini siswa diharuskan mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) sebagai prasyarat untuk mendaftar ke Fakultas dan Universitas yang akan dipilih oleh calon mahasiswa tersebut” Ujar Rektor

Pelaksanaan UTBK tersebut dimulai pada tanggal 13 April 2019 dimana Unja melaksanakan kegiatan tersebut dengan menggandeng 10 Sekolah SMA/SMK mitra yang ada di Kota Jambi dan Muaro Jambi yaitu SMK Negeri 3 Kota Jambi, SMAN 6 Kota Jambi, SMAN 1 Kota Jambi, SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi, SMKN 1 Kota Jambi, SMAN 1 Muaro Jambi, SMA Titian Teras H Abdul Rahman Sayuti, SMA Xaverius 1 Kota Jambi, SMAN 3 Kota Jambi dan SMKN 4 Kota Jambi.

“Sesuai dengan arahan LTMPT Pusat dan Kemenristekdikti bahwa memang perlu bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Jambi, dan alhamdulillah 10 Sekolah itu menyambut baik. Dengan masa waktu UTBK yang hanya dua bulan, maka kita harus mengontrol pelaksanaan UTBK dan berharap sekolah mitra dapat bekerjasama sesuai dengan yang kita harapkan,” Tambah Rektor.

Rektor mengatakan pelaksaaan UTBK ini memerlukan tambahan unit komputer untuk pelaksanaan ujiannya oleh karena itu Unja bermitra dengan pihak luar untuk menambah kekurangan kumputer yang dimiliki Unja.

“Saat ini Unja memiliki 620 unit komputer dengan sisa keperluannya sebanyak 380 yang yang dilengkapi oleh mitra sekolah” tutup Rektor.

Kepala Koordinator Pusat Informasi, Dokumentasi, Keluhan dan Hubungan Masyarakat Unja, Akbar Kurnia Putra, S.H.,M.H menyebutkan total peserta UTBK 2019 Unja untuk dua gelombang mencapai 15.808 orang dan di antara peserta terdapat satu orang peserta berkebutuhan khusus.

“Secara keseluruhan hari pertama pelaksanaan UTBK di Unja dan di sepuluh titik lokasi SMA dan SMK mitra berlangsung lancar tanpa kendala. Seorang peserta berkebutuhan khusus juga mendapat pendampingan saat mengikuti ujian di LPTIK Kampus Mendalo,” kata Akbar.

Ia juga menyebutkan, peserta itu satu-satunya peserta UTBK yang berkebutuhan khusus karena yang bersangkutan mengalami gangguan penglihatansehingga dilakukan pendampingan

“Kita fasilitasi yang bersangkutan sehingga tidak ada kendala dalam UTBK ini,” Ujar Akbar.

Dalam pelaksanaan tes dibagi menjadi kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

SILVIA YULIANSARI ASRIL

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com