PERINGATAN HARI KESIAPAN BENCANA

Mendalo- Universitas Jambi (Unja) menggelar upacara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tanggal 26 April setiap tahunnya di Indonesia. Hari kesiapan Bencana adalah Inisisasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang tujuannya adalah untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak. Upacara peringatan HKB tersebut dilaksanakan dilapangan utama Kampus Mendalo diakhiri dengan simulasi bencana yang dihelat di Tasik Tun Telanai (26/4).

Rektor Prof. H. Johni Najwan, S.H.,M.H.,Ph.D memimpin langsung pelaksanaan HKB yang didampingi oleh para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Pegawai serta Mahasiswa serta undangan lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak se-Indonesia ini juga menampilkan simulasi bencana yang diperagakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu Palang Merah Indonesia (PMI), Kepramukaan dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Siginjai.

“Ini hanya simulasi dan kita sudah merinding melihatnya. saya pernah mengalami kejadian nyata ketika gempa terjadi. Waktu itu saya berada di Sumatera Barat. Ketika melihat simulasi ini, Saya merasakan kembali bagaimana suasana ketika gempa itu terjadi, bagaimana panik nya masyarakat saat itu,” Ujar Rektor.

Untuk itu, Peringatan HKB merupakan sesuatu yang penting karena dengan adanya peringatan ini kita bisa meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Sementara itu, Iqbal salah satu mahasiswa yang hadir menyaksikan simulasi penanggulangan bencana sampai meneteskan air mata, karena melihat kepanikan yang terjadi.

“Ini baru simulasi bagaimana kalau aslinya, nauzubillahminzalik,” Ucap mahasiswa semester 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unja ini.

Untuk itu dengan adanya peringatan hari penanggulagan bencana ini ia berharap dapat mempersiapkan diri untuk menyiapkan diri dengan berbagai macam bencana yang akan terjadi.

SILVIA YULIANSARI ASRIL

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com