REKTOR PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

MENDALO,- Rektor Universitas Jambi, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D menjadi pembina upacara dalam memperingati upacara hari lahir Pancasila dilapangan Belakang Gedung Rektorat Kampus Mendalo. Sesuai instruksi Menristekdikti peserta upacara mengenakan pakaian Kemeja Putih dan Celana Hitam (1/6).

Upacara diikuti oleh seluruh keluarga Besar Unja dari mulai Wakil Rektor Dekan, Wakil Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Ketua DWP Unja beserta anggota, Dosen dan pegawai serta mahasiswa. Adapun petugas upacara pada pelaksanaan upacara tersebut berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan mengusung tema Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina upacara, pembacaan Teks Pancasila Oleh Pembina Upacara diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan teks pembukaan UUD 1945, Amanat

Pembina Upacara kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu “Mars Pancasila/Garuda Pancasila dan ditutup dengan doa.

Rektor dalam sambutannya mengatakan pada tanggal 1 Juni ini merupakan hari kelahiran Pancasila yang diperingati diseluruh tanah air dan merupakan suatu kebanggan bagi kita sebagai bangsa yang heterogen sebagai bangsa yang bisa mewujudkan kebhinekaan tunggal ika.

“Karena itulah semua Aparatur sipil negara diharuskan untuk mengikuti upacara hari lahirnya Pancasila pada pagi hari ini. Jika ada ASN yang berada diluar lokasi tempat kerja maka tetap diwajibkan untuk mengikuti upacara dilokasi instansi pemerintah yang melaksanakan upacara peringatan ini,” Ujar Rektor.

Rektor juga menyebutkan jika bisa memamahi sila-sila yang ada pada Pancasila tersebut maka kita akan tahu makna yang ada didalamnya.

“Pada sila-sila yang ada pada Pancasila tersebut mengandung makna bahwasanya dengan 5 sila tersebut akan dapat mempersatukan bangsa dan negara kita ini, dengan 5 sila tersebut kita akan bisa mewujudkan ketuhanan yang maha esa, dengan sila tersebut kita bisa mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradap, kita memang menginginkan keadilan tetapi kita menginginkan keadilan yang berprikemanusian dan beradab berdasrkan persatuan bangsa” jelas Rektor.

SILVIA YULIANSARI ASRIL

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com