HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR UNJA


MENDALO- Ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan sampai saat ini adalah halal bihalal dengan mengunjungi rumah keluarga, kawan, serta kolega. Tradisi ini terus dilakukan setelah datangnya hari raya Idul fitri, momen halal bihalal dimanfaatkan untuk bersilaturahmi serta bermaaf-maafan (14/6).

Untuk terus memupuk tali silaturahmi, Keluarga Besar Universitas Jambi (Unja), mengadakan Halal Bihalal di Masjid Jami` Assalam Kampus Mendalo dengan mengangkat tema `Melalui Halal bihalal kita pererat tali silaturahmi untuk mewujudkan Unja yang berkemajuan”.
Halal bihalal dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Ketua, Sekretaris dan anggota senat, Ketua SPI, Direktur, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Ketua dan Sekretaris Prodi, Kepala UPT, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian serta Ketua dan Pengurus DWP dilingkungan Unja.

“Tujuan dari halal bihalal ini untuk menjalin tali silaturahmi diantara kita. Selain itu, pada momen halal bihalal ini juga kita manfaatkan untuk saling memaafkan atas khilaf yang mungkin pernah ada dalam pergaulan kita selama ini” Ujar Rektor
kita mempunyai kelemahan dan kesalahan serta kehilafan oleh karena itu kita mencari momen yang tepat untuk bermaaf-maafan itukan sulit karena kesibukan kita dalam kegiatan sehari-hari karena itu kita jadikan kegiatan halal bihalal ini sebagai momen untuk saling memaafkan,” Ujar rektor.

Halal bihalal ini juga diisi dengan tausiah oleh Dr. Supian Ramli yang mengajak kepada kebaikan pada diri pribadi dan Keluarga Besar Unja pada umumnya.

“Memang halal bihalal didalam syariat tidak diatur. Kemudian dinegara-negara lain juga tidak ditemukan acara halal bihalal. Ini hanya ada di Indonesia. Di Indonesia, kegiatan halal bihalal ini tujuannya adalah menghalalkan atau memaafkan kesalahan-kesalahan dari saudara-saudara kita.

Karena itu, harapan kita dengan acara halal bihalal ini untuk lebih memperkuat ukhuwah islamiyah kita sehingga membawa kita lebih baik lagi dimasa-masa mendatang,” Ujar Dr. Supian.
Kegiatan diakhiri dengan saling bermaaf-maafan diantara Keluarga Besar Unja dan diakhiri dengan ramah tamah.

SILVIA YULIANSARI ASRIL
AKBAR KURNIA

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com