WAREK BIDANG KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI JELASKAN MEKANISME BEASISWA BIDIKMISI

MUAROJAMBI– Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Ir. H. Abdul Aziz, Msi menjelaskan persyaratan untuk menjadi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Universitas Jambi (Unja) yaitu sesuai dengan juknis yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Tahapan seleksi untuk mahasiswa calon penerima beasiswa Bidikmisi Unja sesuai dengan panduan yang berada di Kemenristek Dikti ada tiga tahap yaitu dokumen, wawancara, visitasi (18/6).

“Tahapan mendaftar beasiswanya pertama memasukan dokumen secara online melewati web bidikmisi, kemudian jika lolos lanjut ke wawancara peserta dan visitasi terjun langsung ke rumah peserta bidikmisi”, katanya saat ditemui tim Humas Unja.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan dan Alumni menyarankan kepada calon mahasiswa baru agar memberikan data yang benar dan sesuai dengan keadaan ekonomi, karena bagi mahasiswa yang sengaja memanipulasi data yang telah tertera dalam juknis Bidikmisi maka akan diberikan sanksi diberhentikan secara langsung oleh pusat untuk menerima beasiswa bidikmisi, mengembalikan dana yang telah diterima selama mengikuti proses perkuliahan, dan kebijakan dari Universitas sendiri adalah mengeluarkan mahasiswa tersebut dari kampus.

“Misalnya dalam satu tahun proses perkuliahan baru ketahuan ada kejanggalan, maka yang bersangkutan akan mengembalikan uang beasiswa yang sudah diterimanya serta diberhentikan untuk tidak dapat menerima beasiswa lagi. Selain itu, kebijakan dari kampus juga akan mengeluarkan mahasiswa tersebut”, tambahnya.

Mahasiswa yang lolos dan menerima beasiswa bidikmisi nantinya harus mampu mempertahankan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai dengan kontrak perjanjian yang telah ditetapkan agar beasiswanya tidak diberhentikan.

Pendaftaran beasiswa bidikmisi untuk mahasiswa baru terlebih dahulu dibuka secara online namun tidak menutup kemungkinan ada pendaftaran secara offline tetapi harus menunggu intruksi dari Kemenristekdikti terlebih dahulu.

“Untuk pendaftaran secara offline kami menunggu intruksi dari kemenristekdikti”, pungkasnya.

Dua Jalur penerima beasiswa Bidikmisi di Unja terdiri dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Saat ini tercatat secara keseluruhan mahasiswa baru yang terseleksi jalur SNMPTN di tahun 2019 berjumlah 406 di dalam provinsi berjumlah 337 orang dan di luar provinsi berjumlah 69 orang.

SITI ENIK
UTARI HANDAYANI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com