FKIP GELAR SOSIALISASI PROGRAM HIBAH PDS SERTA IMPLEMENTASI LPTK UNJA

MENDALO,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) mengadakan sosialisasi Program Hibah  Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) tahap dua di Ruang Rapat Dekan FKIP. Kegiatan sosialisasi tersebut mengundang para dosen FKIP , Dinas Pendidikan Kota Jambi, Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi, dan para guru dari sekolah mitra (25/6).

Sebelumnya, FKIP sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) meraih program hibah PDS dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) pada tahun 2018.

Sosialisasi tersebut membahas implementasi PDS di sekolah mitra yang dijadwalkan pada bulan Juli 2019. Adapun luaran PDS yang ditargetkan yaitu setiap kegiatan PDS, Dosen bersamaGguru wajib menghasilkan (1) pengalaman terbaik (best practice) yang dituangkan dalam bentuk jurnal refleksi, (2) perangkat pembelajaran, (3) video pembelajaran (paling lama durasi 15 menit). Sementara itu, setiap LPTK, sekurang-kurangnya menghasilkan satu artikel publikasi (paper seminar nasional, poster, jurnal nasional atau jurnal internasional, atau bentuk publikasi yang lain).

Prof. Dr. Drs. Eka Warna, M.Psi, selaku Ketua Pelaksana Program PDS menjelaskan, tujuan PDS yaitu memberikan pengalaman bagi Dosen LPTK dalam memahami perkembangan dan karakteristik peserta didik.

“tujuan yang ingin kita capai yaitu mengelola kegiatan pembelajaran yang mendidik di sekolah serta menghayati keseharian dan nuansa sosio kultural di sekolah. Selain itu, target lainnya adalah menghasilkan perangkat pembelajaran kolaboratif antar dosen LPTK dengan guru dan  menciptakan pembelajaran bermutu dengan indikator terciptanya iklim pembelajaran yang semakin baik” Ujar Prof. Eka Warna.

Adapun target lainnya yaitu perangkat pembelajaran yang semakin berkualitas, dan meningkatnya prestasi belajar peserta serta menguatkan hubungan kemitraan antara LPTK dengan sekolah mitra dalam berbagai program peningkatan kualitas pembelajaran dan pelaksanaan PLP atau PPL.

Terakhir, menguatkan program pendidikan guru di LPTK sehingga terwujudnya revitalisasi dalam menyelenggarakan pendidikan secara professional untuk menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang berkualitas.

“FKIP juga bertanggungjawab terhadap SDM lulusan. Maka setelah pelaksanaan PDS, para Dosen yang ditugaskan di sekolah dapat berbagi pengalaman dengan Dosen lain. Permasalahan yang ditemukan di sekolah dibahas dan dicarikan solusinya di LPTK. Selanjutnya Dosen dan Guru dapat bekerjasama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat menjadi pedoman bagi para mahasiswa FKIP yang akan melaksanakan praktik mengajar di sekolah”, tambah Eka Warna.

Sementara itu, Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd., Koordinator PDS dari LPTK FKIP Unja mengatakan ada sepuluh dosen dan sepuluh guru yang akan berkolaborasi menjadi tim perbidang studi. Bidang Studi tersebut yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Kimia, dan Pendidikan Sekolah Dasar.

“Tahun ini ada 10 Dosen dan 10 Guru yang sudah dibuat tim. Kolaborasi Dosen dan Guru melalui PDS ini nantinya juga untuk mempersiapkan mahasiswa yang akan praktik lapangan di sekolah mitra,” katanya.

Sementara itu, Irwansyah, S.Pd., M.Pd.I Kepala Sekolah SMA N 11 Kota Jambi menyambut baik dan mendukung pelaksanaan program PDS. Menurutnya kebermanfaatan program PDS dengan hadirnya dosen di dalam ruang kelas yang berkolaborasi dengan guru akan menghasilkan diskusi ilmiah dan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Ketika ditawarkan program PDS dari FKIP Unja saya senang sekali karena memang ini salah satu upaya percepatan peningkatan kualitas pembelajaran karena ahlinya pembelajaran masuk ke kelas disekolah kami. Kolaborasi antara Dosen dan Guru yang mengajar pasti ada diskusi limaih dan mencarikan pola atau startegi yang pas untuk meningkatkan program pembelajaran. Ini program yang harus kita support,” ujarnya seusai mengikuti sosialisasi.

PRIYANTO

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com