MAHASISWA FAPET MILIKI KEDAI KOPI SENDIRI

MENDALO,- Muhammad Fadillah Arsyad, Mahasiswa Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jambi (Unja) telah menekuni bisnis kedai kopi sejak Maret 2018. Berlokasi di Jl. RE. Martadinata Lorong Gotong Royong (belakang STMIK Nurdin Hamzah) No. 21 Sipin-Kota Jambi berdirilah Etalase Gift & Coffee atau bisa disebut Etalase Kopi Jambi milik Fadil.

Terlahir dari keluarga yang cukup berada, tak lantas membuat Fadil hanya berpangku tangan dan mengandalkan pemberian orang tua. Kemandirian justru begitu mendominasi di setiap perjalanan hidupnya.

Pada tahun 2016, Ia mulai menjadi karyawan di berbagai tempat kuliner mulai dari kedai kebab, martabak, thaitea, hingga kedai kopi. Hal inilah yang menjadi titik awal ia mulai menyukai dan menekuni dunia kopi.

Berkat kemahiran yang diperoleh saat menjadi karyawan kedai kopi di Kediri pada saat belajar di Kampung Inggris dan kecintaannya pada kopi membuat Fadil memutuskan untuk membuka usaha kedai kopi sendiri.

“Di tahun 2016 saya belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris. Selama belajar di sana saya juga bekerja di berbagai tempat kuliner, salah satunya di kedai kopi. Dari pengalaman itu, tumbuh niat saya untuk mendirikan kedai kopi sendiri,” kata Fadil menjelaskan awal mula ia menekuni usaha kedai kopi.

Perlu diketahui bahwa dalam membuka usahanya, Fadil mengumpulkan modal dengan usahanya sendiri. Bak pepatah lama sedikit demi sedikit, lama lama menjadi bukit dari hasil bekerja dan menyisihkan uang sakunya, Fadil akhirnya mampu membeli alat-alat menyeduh kopi satu per satu.

“Untuk modal saya dapat dari hasil nabung uang jajan dan kerja. Sengaja tidak minta orang tua karena pada awalnya orang tua saya tidak tahu saya membuka usaha kedai kopi ini” ungkap Fadil saat ditemui di kedai kopi miliknya.

Tak hanya sekadar mendirikan kedai kopi dengan omzet yang cukup menggiurkan, kecintaan Fadil terhadap kopi dapat dilihat dari sederet prestasi yang pernah diraihnya. Beberapa event daerah maupun nasional dalam dunia kopi pernah ia ikuti. Adapun event kopi yang pernah ia ikuti diantaranya Fest Kopi Nusantara, Gedung Kompas Jakarta tahun 2018. Wakil Jambi pada even kopi dalam acara ASEAN Games di Jakabaring tahun 2018. Fest Kopi Seribu Kerinci, Fest Kopi Ancol, Fest Kopi Internasional di Clave, Even Kompetisi Pour Over Kopi Purnama dan berhasil meraih juara 1. Delapan besar dalam Aero Press Kompetisi di Mabes Kota Baru pada Februari 2019, dan belum lama ini memperoleh terbaik 4 Battle V-60 di Surabaya, Maret 2019.

DEWI YUNITA ANGGRAINI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com