MAHASISWA FAKULTAS KEHUTANAN, BUKA PELUANG USAHA MELALUI UKIRAN KAYU

MENDALO,- Mahasiswa Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Jambi (Unja) memanfaatkan kemampuan dari sebuah ukiran menjadi peluang  usaha yang bisa menghasilkan keuntungan. Berawal dari mengisi waktu luang yang dijadikan sebagai tempat usaha, ia mampu menciptakan 3 usaha diantaranya jasa ukiran piring, ukiran kayu, dan ukiran dari batok kelapa.

Habibullah selaku pemilik usaha ukiran kayu mengungkapkan bahwa awal mula usaha yang dijalani tidak berjalan dengan lancar dikarenakan pembuatan pemahatan tidak semudah yang direncanakan. Selain itu, permintaan konsumen dengan nama ukiran yang panjang juga menjadi salah satu penyebab kerugian.

“Pemahatan yang sulit membuat saya rugi dalam pemasaran, belum lagi kadang banyak konsumen yang meminta untuk membuat ukiran piring dengan nama yang panjang,” ungkapnya

Ia menambahkan, untuk jasa mengukir satu piring dengan harga 100 rupiah per satu huruf. Sedangkan, untuk ukiran kayu terbuat dari kayu melerang Habibullah mematok harga persatuan yaitu 170.000.

Selain itu, ia mendonasikan 10% keuntungan untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan dan 5% keuntungan digunakan untuk biaya eksternalitas. Untuk pembagian waktu ia menerapkan beberapa strategi yang bisa menyeimbangkan antara kuliah dan bisnis nya yaitu dengan melakukan dua kali produksi dalam seminggu yang disesuaikan dengan waktu libur kuliah.

“ Keuntungan yang saya dapatkan dari usaha ukiran ini 10% saya donasikan untuk pembangunan masjid, anak yatim, dan fakir miskin dan 5% untuk biaya eksternalitas. Kalau dalam membagi waktu itu saya gunakan strategi penyeimbangan,” pungkasnya

ALMIRA NABILA

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com