MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MAHASISWA FKIP CIPTAKAN SAKLAR LAMPU BERBASIS ANDROID

MENDALO,- Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika (IMAPEFSI) Universitas Jambi (Unja) berhasil membuat saklar lampu berbasis Android dengan fungsi mempermudah pekerjaan manusia dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. (21/6)

Diketuai oleh Alexander Yuda Abimantara dengan berangotakan Irma Fadilah, Dinda Aura Natasya dan Weni Sukarni ini berhasil membuat saklar lampu berbasis android yang menggunakan bluetooth sebagai inputnya dan relay sebagai outputnya serta menggunakan Arduino Nano sebagai pemrograman.

“Cara kerja Saklar Lampu berbasis Android ini menggunakan perintah suara, nanti suara kita akan terdeteksi seperti suara oke google. Ketika kita bilang please on diaplikasi arduino voice, maka suara tersebut diterjemahkan hingga lampu tersebut hidup dan muncul suara lampu telah menyala.” jelas Yuda.

Yuda mengakui bahwa ide pembuatan saklar lampu berbasis Android ini muncul ketika mereka menjalani matakuliah Elektronika Digital yang memang menuntut mereka membuat Project yang erat dengan kehidupan modern ini mencari tahu dan mencoba membuat mini riset hingga terciptalah saklar lampu berbasis Android.

“Ide pembuatan lampu saklar berbasis Android ini muncul saat tugas akhir dari matakuliah Elektronika Digital berbekal teori-teori yang telah diajarkan dan banyak mencari tahu lewat jejaring Internet akhirnya terciptalah saklar berbasis Android ini,” tambah Yuda.

Dalam keterangannya Febrika Rahmat, S.Pd., M.Pd selaku Dosen pengampu matakuliah mengungkapkan tujuan dari project ini guna menunjang visi dan misi Program Studi bentuk langkah nyata menuju the world class enterpreneurship university, dan berharap ini dapat bermanfaat dan membanggakan bagi Prodi, FKIP, hingga Unja.

“Jika ditinjau untuk prospek untuk ke depannya sangat baik mengingat dunia ini serba digital sehingga orang banyak yang bergantung dengan android, karena dengan adanya aplikasi android ini dapat memudahkan pekerjaan manusia. Adapun harapan untuk projek ini dapat ditingkatkan lagi, seperti untuk menghidupkan televisi, kipas angin bahkan mobil dan alat-alat canggih lainnya menggunakan aplikasi berbasis android”

NANI NIRWANI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com