ROBOT RANGKAYO HITAM UNJA IKUTI KONTES ROBOT NASIONAL PERGURUAN TINGGI

 

MENDALO,- Tim Robotik Universitas Jambi (Unja) mengikuti kontes robot nasional antar Perguruan tinggi yang diadakan oleh Kemenristekdikti di Semarang, Jawa Tengah. Kontes robot diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia (23/6).

Prof. Naswir, Dekan Fakultas Teknik Universitas Jambi (Unja) mengatakan robot Unja yang diberi nama Robot Rangkayo Hitam lebih agresif dan unggul dalam beberapa penilaian. robot Unja memiiliki peningkatan performance.

“Secara umum ada peningkatan performance dari robot Rangkayo Hitam. Tetapi Pada ajang ini kita harus terhenti dan belum bisa menembus delapan besar. Kami akan evaluasi dan tingkatkan performance-nya, dan tahun depan ditargetkan tembus final,Ujar Prof. Naswir.

Sebelumnya tim robotik Unja berlaga di ajang 16 besar. Robot Rangkayo Hitam berhasil mengatasi robot dari Universitas Gajah Mada (UGM). Meski bermain imbang namun robot Unja dianggap lebih agresif dan unggul dalam beberapa penilaian.

Namun langkahnya harus terhenti di 16 besar setelah gagal meredam “Ersow” dari Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS). Tetapi pada laga terakhir robot Rangkayo Hitam menjuarai kontes tingkat regional yang bersaing ketat dengan robot Ersow di Lampung beberapa minggu kemarin.

“Kecepatan dan kekuatan tendangnya perlu ditingkatkan robot Rangkayo Hitam, mungkin itu evaluasi awal. Tapi pada intinya ada beberapa sektor yang harus disempurnakan,” katanya.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Teknik Unja tersebut menyebutkan, berikutnya Tim Robotik Unja akan mengembangkan tiga robot lainnya yakni robot terbang, robot api dan robot bola.

“Dukungan Rektor dan pimpinan perguruan tinggi ini cukup besar untuk pengembangan tim robotik. Sehingga ke depan kita lebih optimistis robot kita bisa lebih bersaing,” kata Prof Naswir.

Sementara itu Rektor Unja Prof H Johni Najwan SH MH Ph.D berkomitmen mendukung kegiatan mahasiswa untuk mendorong jiwa entreupreneurship termasuk mendukung keunggulan dalam berbagai kompetisi.

SILVIA YULIANSARI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com