SOSIALISASI TATA KELOLA PELAPORAN DATA AKM PADA PD-DIKTI

MENDALO,- Lembaga Pengembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (LPTIK) menggelar Sosialisasi tata kelola pelaporan Data Aktifitas Kuliah Mahasiswa (AKM). Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Senat, Gedung Rektorat Kampus Mendalo. Sosialisasi dihadiri oleh Ibu Reni Aryani S.kom., M.S.I selaku Koordinator Pusat Layanan dan Sistem Informasi, Bapak dan Ibu Wakil Dekan Bidang Akademik dilingkungan Unja Ketua Prodi, perwakilan dari BAK dan Kasubag Akademik di setiap fakultas.

Ketua LPTIK Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T mengatakan bahwa pelaporan data di Unja ini berkaitan erat dengan SIAKAD. Tata kelola sistem informasi akan berhasil apabila semua yang ada di Unja ini saling bekerjasama khususnya Wakil Dekan Bidang Akademik dan juga Ketua Prodi.

“Tentu saja tata kelola ini akan berhasil apabila melibatkan kita semua yang ada di Unja ini khususnya Wadek Bidang Akademik yang bersinergi dengan Kaprodi dalam hal Pelaporan Data di SIAKAD,” Ucapnya.

Sementara itu Reni Aryani S.kom., M.S.I selaku Koordinator Pusat Layanan dan Sistem Informasi mengatakan bahwa terdapat beberapa syarat untuk mendapatkan nomor ijazah nasional dan juga mahasiswa dapat memperoleh pin apabila telah mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan SN-DIKTI baik itu terkait jumlah SKS yang mereka kontrak lulus, lalu nilainya, lama studinya, akreditasi, dll. Selain dari itu ada juga syarat beberapa validator reservasi pemasangan pin.

“Yang dapat dilakukan reservasi untuk memperoleh pin itu apabila di dalam sistem telah divalidasi yang memiliki maksimal jumlah SKS semester. Bagi Diploma dan Sarjana adalah 24 SKS. Apabila terdapat mahasiswa yang mengontrak mata kuliah lebih dari 24 SKS, maka dia akan masuk ke kategori tidak eligibel untuk mendapatkan pin, maka dia harus melakukan perbaikan data laporan yang sebelumnya” ujar Reni.

ALMIRA NABILA/ NANI NIRWANI

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com