KEGIATAN RISET DAN PENGABDIAN PUSAT STUDI ENERGI DAN NANO MATERIAL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS JAMBI

PS-ENAM (Pusat Studi Energi dan Nano Material) merupakan salah satu pusat studi di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Jambi, yang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan fokus di bidang energi dan material khsususnya nano material. Provinsi Jambi mempunyai potensi besar dalam pengembangan sumber energi karena memiliki kekayaan alam yang melimpah baik yang tidak dapat diperbarui seperti sumber minyak bumi dan gas alam, maupun kekayaan alam yang dapat diperbarui seperti bio-diesel dan bio-bensin dari CPO, bensin dari sampah plastik perkotaan. Dengan latar belakang inilah, maka tugas pokok dan fungsi PS-ENAM yaitu :
• Berperan aktif untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mensosialisasikan serta mempromosikan Green Technology untuk bidang teknologi energi dan nano material.
• Pengolahan dan pengembangan penelitian bahan energi alternatif seperti : bio-diesel dan bio bensin dari CPO, bensin dari sampah perkotaan, energi alternatif lainnya yang bersifat ramah lingkungan.
• Energi yang terbarukan seperti : panas bumi, matahari, air dan sumber-sumber energi lainnya yang masuk kategori energi terbarukan.
• Pengembangan material-material baru (nano-material) yang berbasiskan kekayaan alam lokal Provinsi Jambi dan mengembangkan aplikasi untuk material katalis, absorber, farmasi, serta aplikasi lainnya.

Dalam rangka melaksanakan fungsi kegiatan kepada masyarkat ,PS-ENAM secara aktif melakukan pelatihan-pelatihan yang mendukung kesuksesan penelitian dosen maupun mahasiswa seperti pelatihan: penggunaan software Endnote, penggunaan software Matlab, dan Analisis dan penggunaan instrumen Gas Kromatografi. Pelatihan-pelatihan ini terbuka untuk para dosen dan mahasiswa seluruh di Universitas Jambi, serta dilaksanakan tanpa dipungut biaya. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para mahasiswa yang melakukan riset di bidang energi dan nao material, PS-ENAM juga melakukan pelatihan bahasa Inggris dan TOEFL secara gratis untuk para mahasiswa.

Dengan didukung fasilitas yang menunjang untuk melakukan penelitian di bidang energi dan nano material, seperti instalasi penjernihan air, instalasi kolom distilasi bertingkat, gas chromatography, instalasi pembuatan aquadest, sistem IT untuk melakaukan fungsi-fungsi kontrol alat/reactor sesuai paradigma revolusi industri 4.0, beberapa alat pemanas furnace, dan juga berbagai jenis reaktor untuk penelitian di bidang energi dan material. Beberapa kegiatan penelitian yang dilakukan oleh PS-ENAM telah menghasilkan beberapa produk diantaranya bio-bensin dan bio-diesel dari Crude Palm Oil (CPO), bio-bensin dan bio-diesel dari minyak jelantah, bensin dari sampah plastik, beberapa material katalis seperti zeolit, arang aktif dan silika, beberapa alat kontroller dan sistem IT yang mendukungnya. Beberapa produk penelitian ini telah berhasil di-desiminasikan di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.

Dengan adanya para pakar yang ahli di bidangnya serta didukung dengan fasilitas yang memadai tersebut, PS-ENAM telah banyak berkontribusi membantu penelitian para dosen dan mahasiswa, baik mahasiswa Universitas Jambi maupun mahasiswa di luar Universitas Jambi. Bahkan PS-ENAM juga telah berkontribusi dalam penelitian mahasiswa yang berasal dari luar Provinsi Jambi. Selain memfasilitasi dengan fasilitas yang ada di PS-ENAM, para pakar di PS-ENAM, terutama Koordinator PS-ENAM Bapak Nazarudin,S.Si,M.Si,Ph.D, secara intensif memberikan bimbingan teknis riset di laboratorium dan pendalaman teori-teori terkini di bidang energi dan nano material kepada para dosen dan mahasiswa yang melakukan riset di PS-ENAM.

Dalam beberapa tahun ini, PS-ENAM telah memfasilitasi dosen-dosen dan mahasiswa-mahasiswa di Prodi-Prodi di Lingkungan Fakultas Teknik (Prodi Teknik Kimia, Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Lingkungan dan Prodi Teknik Elektri), juga penelitian dosen-dosen dan mahasiswa-mahasiswa dari Fakultas Pertanian (Prodi Agroteknologi) serta dari Fakultas Sains dan Teknlogi (Prodi Kimia dan Prodi Farmasi). PS-ENAM juga memfasilitasi penelitian dari dosen-dosen serta mahasiswa-mahasiwa dari luar Universitas Jambi diantaranya berasal dari Program Studi Magister (S2) Teknik Kimia Universitas Sriwijaya (Palembang), Prodi Pendidikan Biologi UIN Sultan Thaha (Jambi), dan dari STIKES Harapan Ibu (Jambi).

PS-ENAM saat ini sedang melakukan penelitian kerjasama dengan beberapa dosen dari berbagai institusi diantaranya dengan; Jurusan Kimia University of Malaya (Malaysia), Prodi S2 Teknik Kimia Universitas Sriwijaya, Prodi Magister Pendidikan Fisika Universitas Mataram, Jurusan Kimia Universitas Lampung, dan dari Jurusan Kimia Universitas Bengkulu. Saat ini pula sedang dijalin komunikasi yang intensif dengan beberapa dosen/profesor baik dari dalam maupun luar negeri untuk melakukan kerjasama riset, diantaranya dengan Program Pascasarjana Institut Teknologi Surabaya (ITS), University of Kansas (USA), University of Osaka (Jepang), University College London (Inggris). Diharapkan dengan adanya beberapa kerjasama ini, kuantitas maupun kualitas riset yang dilakukan PS-ENAM akan cepat meningkat yang pada akhirnya diharapkan dapat berkontribusi bagi kemajuan riset di Universitas Jambi secara khususnya serta untuk kemajuan riset di Indonesia secara umumnya.

Di bidang pengabdian kepada masyarakat, PS-ENAM memfasilitasi Pesantren Ainul Yaqin di Kota Jambi untuk bisa melakukan penataan lingkungan dan kebersihan dengan melakukan beberapa pelatihan-pelatihan serta dengan membantu mendesain landscape serta desain fasilitas MCK. Kegiatan yang serupa dilakukan di Pesantren Saadatudaren dan Pesanteren Al-Mubarak di Kota Jambi, dimana selain melakukan pelatihan-pelatihan, PS-ENAM juga menyediakan fasilitas filter penjernihan air Sungai Batanghari menjadi air bersih. Beberapa kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan seperti menjadi nara sumber di berbagai acara kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat serta pihak-pihak yang peduli dengan penelitian serta pengembangan bidang energi dan nano material. Pada hampir di semua kegiatan ini, PS-ENAM menyebarkan stiker-stiker yang berisi himbaun atau sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan energi secara bijak dan hemat demi kelestarian lingkungan serta kualitas hidup yang lebih baik
Beberapa capain yang telah diraih oleh PS-ENAM ini adalah berkat adanya dukungan yang penuh dari Rektor Universitas Jambi Bapak Prof.Johni Nazwan,SH,MH,PhD serta dari Ketua LPPM Universitas Jambi Ibu Dr.Ade Octavia, SE,MM. Adanya beberapa capaian ini menjadi daya tarik sendiri, sehingga, Pusat Studi Energi dan Nano Material (PS-ENAM) sering mendapatkan kunjungan dari berbagai pihak yang tertarik dibidang penelitian dan pengambangan energi serta nano material, seperti Dekan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Wakil Rektor UMRAH, Dosen-dosen STITEKNAS Jambi, Ketua Ikatan Masyarakat Sawit Indonesia (MAKSI), pejabat Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDPKS), Kasi Investasi Bioenergi Kementrian ESDM, Kasubdit DRPM DIKTI. PS-ENAM juga mendapat kunjungan dari Guru dan Siswa SLTP/SLTA di Kota Jambi, seperti dari SMPIT Nurul Ilmi dan dari Pesanteran Aiunul Yaqin.