PELUNCURAN DAN SOSIALISASI MODEL DAN PANDUAN SINGKAT PENGEMBANGAN SHC (SOFT SKILLS, HARD SKILLS, DAN COMPETITIVENESS)

 

MENDALO,- Tim pengembang Soft Skills, Hard Skills, dan Competitiveness (SHC) gelar Peluncuran dan Sosialisasi Model dan Panduan Singkat Pengembangan SHC mahasiswa dan lulusan Universitas Jambi (Unja)  dalam pengajaran dan pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Lt. 3 kampus Mendalo dengan Luaran Utama Riset Performa SHC Mahasiswa dan Lulusan Universitas Jambi. (10/7)

Tim pengembang SHC yang melakukan peluncuran dan sosialisasi tersebut adalah Hadiyanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D sebagai Ketua Periset dengan anggota Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd., M.Si, Yuliusman, SE., M.Si., Ak, Dr. Ir. Noverdiman, Dr. Drs Syamsurizal, M.Si serta pendukung Mariza Juwita, M.Pd, Prastiwi Sri Agustina, M.Pd, dan Indah Fahmiaman S.Pd.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. H. RA. Muthalib, M.S. mengungkapkan bahwa pengembangan  SHC merupakan upaya yang tepat untuk mengembangkan pola pikir mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 dan membentuk SDM yang siap bersaing dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asia

“Pengembangan SHC yang dilakukan oleh tim peneliti ini merupakan upaya yang tepat bagi mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 dan membentuk SDM yang siap bersaing dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asia” ungkap Prof Muthalib.

Dalam penjelasannya saat meberikan sosialisasi model dan panduan pengembangan SHC, Hadiyanto S.Pd., M.Ed., Ph.D sebagai ketua peneliti menjelaskan bahwa tahapan-tahapan dalam pengembangan model SCH meliputi Input, Proses, dan Output.

“Ada 3 tahapan dalam pengembangan SHC, yaitu tahap input yang merupakan  tahapan perencanaan dan persiapan, kemudian masuk ke tahap proses dengan mengkaji teori pembelajaran dan kajian-kajian pustaka, pada tahap proses ini juga metode SCH harus diblended (disatukan) dengan jelas dalam setiap proses pembelajaran pada setiap perkuliahan, dan  setelah proses maka di dapat-lah output berupa SHC yang memadai” kata Hadiyanto S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Yuliusman, SE., M.Si., selaku anggota periset memaparkan ada 8 proses belajar dan mengajar dengan menggunakan SHC dalam pengajaran dan pembelajaran.

“Ada 8 proses belajar mengajar yang meliputi penerapan skenario belajar mengajar, mengamati aktivitas mahasiswa berdasarkan penilaian autentik SHC, memastikan strategi belajar dapat memperoleh isi materi secara mendalam, membimbing mahasiswa, mencatat kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran, mengarahkan dan memberi motivasi, memastikan mahasiswa mencapai tujuan kompetensi, dan memberikan tugas akhir sebagai bentuk penekanan hardskills” kata Yuliusman, S.E, M.Si.

NANI NIRWANI

DEWI YUNITA

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com