RESIMEN MAHASISWA (MENWA) ADAKAN SUSGACANAS II SE-INDONESIA


MENDALO- Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Jambi (Unja) menggelar Kursus Mitigasi Bencana Nasional (Susgacanas) II tingkat nasional yang diikuti oleh perwakilan menwa dari berbagai Provinsi. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. H. RA. Muthalib, M.S., serta beberapa delegasi dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dilingkup Unja (23/7)

“Kegiatan ini penting dilakukan karena berkaca dari kejadian bencana alam ataupun dalam keadaan darurat yang belakangan ini sering terjadi di Negara kita,” Ucap Prof. Muthalib dalam sambutannya sekaligus didapuk untuk membuka acara.

Jonly Boy Bororing, S.H., M.H., pembina menwa mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli sampai 29 Juli dengan mendatangkan narasumber dari dalam dan luar Unja. Jumlah estimasi peserta yang mengikuti kegiatan ini sekitar 30 orang dari Unja dan ada tambahan peserta dari Sumatra Barat, Riau, dan Surabaya.

“Yang konfirmasi ada 8 Provinsi, namun yang bisa hadir 4 Provinsi. Kita menyambut baik apa yang telah diberikan dan yang ikut kontribusi untuk acara Susgacanas yang merupakan kegiatan kedua yang dilakukan UKM Menwa Batalion 001. Ini adalah salah satu bentuk kontribusi UKM menwa terhadap Provinsi Jambi sendiri. Kita berharap materi-materi yang diberikan oleh narasumber dapat di aplikasikan dilapangan,” Jelas Jonly.

Jonly juga berharap acara Menwa ini dapat memotivasi UKM yang lain untuk ikut gencar kembali merancang acara dalam skala Nasional.

“Saya juga berterima kasih kepada UKM-UKM yang lain, yang telah hadir saat acara upacara pembukaan ini dan harapannya ada kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya Nasional sehingga dapat menunjang salah satu bidang peningkatan akreditasi Unja,” Ungkap Jonly.
NH. Bestamir Arief selaku Komandan Menwa Batalion 001 Unja menjelaskan bahwa pendidikan Susgacanas ini memberikan ilmu beserta pengalaman untuk belajar tentang kebencanaan agar mampu menjadi kader-kader yang tanggap, tangkas dan tangguh.

“Tujuan umum dari acara ini yaitu membuat resimen mahasiswa tanggap bencana, dari tanggap bencana itu nanti ketika ada bencana yang akan terjadi menwa dapat terlibat dalam hal-hal kebencanaan dan bisa berkontribusi banyak terkait kebencanaan,” Ungkap Arief seusai uapacara pembukaan.
NH. Bestamir Arief menambahkan bahwa acara yang akan dilaksanakan selama satu minggu ini merupakan serangkaian acara pelatihan lapangan dan materi terkait kebencanaan serta diselipkan beberapa materi tentang Kebudayaan Provinsi Jambi.

“Rangkaian acara mulai dari hari ini pembukaan, dilanjutkan dengan materi lapangan, kemudian besok sudah masuk pada metrei inti dari PMI tentang pengobatan, obat-obatan dan penanggulangan bencana, dilanjutkan lagi materi dari PBBD materi ters resi cepat, lalu materi tentang Tim Sar dan Sar Res Q, kemudian penyelamatan air, kemudian materi pengenalan perahu umum, dan yang terakhir wisata kebudayaan Jambi yakni memperkenalkan Resimen yang dari luar prov. Jambi juga mengetahui Kebudayanaan Jambi,” Jelas Arief.

Terpisah, Didi Lesmana anggota pelatihan Susgacanas dari mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNS) mengaku sangat tertarik dengan acara Menwa ini dan memberikan ia motivasi agar kembali mengadakan acara yang seperti ini di kampusnya.

“Kami dari lama sangat tertarik dengan acara Susgacanas karena penanganan bencana itu harus cepat, intinya penting untuk modal untuk mahasiswa sendiri, sehingga menambah pengelaman ilmu dan dapat bertukar pikiran bahwa resimen mahasiswa dari Unja bagaimana memanajemen kegiatan yang dilakukan Menwa. Harapannya untuk Menwa Unja dan sebagai koordinator penyelenggara dari kegiatan ini semakin sukses dan kegiatan ini bisa semakin besar hingga bisa menjadi kegiatan andalan Unja. Univ yang lain dapat mencontoh Unja untuk membuat kegiatan yang intinya kreatif dan inovatif seperti Susgacanas ini,” tutupnya.

Sekedar informasi, Mitigasi merupakan upaya untuk mengurangi resiko terburuk jika terjadi suatu bencana.

NANI NIRWANI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com