PERTAHANKAN DISERTASI, ETIK UMIYATI RAIH GELAR DOKTOR ILMU EKONOMI DENGAN PREDIKAT CUMLAUDE

MENDALO,- Program Pascasarjana Doktor Ilmu Ekonomi menggelar Ujian Promosi Doktor Ilmu Ekonomi atas nama Etik Umiyati dengan Nomor Induk Mahasiswa P3C114009 dengan judul Disertasi Pengaruh Kredit Terhadap Kewirausahaan dan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Jambi. (8/7)

Sidang Promosi Doktor diKetuai oleh Prof. Dr. Ir. H. RA. Muthalib. M.S, dengan Sekretaris Prof. Dr. Ir. Hj. Anis Tatik Maryani, M.P. Penguji Pertama Sidang Promosi Doktor dari Universitas Sriwijaya yaitu Prof. Dr. H. Didik Susetyo, S.E., M.Si. Adapun tim penguji lainnya yaitu Dr. H. Junaidi, S.E., M.Si, dan Dr. M. Syurya Hidayat, S.E., M.Si dengan Promotor Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E., M.S serta Co-Promotor Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.S dan Dr. Hj. Zulfanetty, S.E., M.Si.

Berhasil mempertahankan disertasinya, Etik Umiyati meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi dengan predikat cumlaude dan mendapatkan nilai A dengan Indek Prestasi Komulatif 4.00.

“Alhamdulillah, saya bisa menyelesaikan disertasi dan mendapatkan gelar Doktor ini karena dukungan dari promotor, co promotor, keluarga besar, sahabat dan rekan kerja dari FEB yang senantiasa memberi dukungan dan semangat. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim penguji yang membuat saya semangat untuk terus belajar” ungkap Etik Umyati saat memberi sambutan setelah mendapatkan gelar doktor.

Tak hanya memperoleh nilai A dan predikat cumlaude, melalui penelitiannya Etik Umyati mendapatkan apresiasi dari promotor dan penguji utama terkait tiga novelty (penemuan baru) dari penelitian/disertasi.

“Menariknya penelitian/disertasi dari Etik Umiyati, dia menemukan tiga novelty dengan lima hipotes sekaligus yang diantaranya pelaku usaha yang memiliki pekerjaan sampingan mempunyai probalitas yang lebih besar dalam mengambil kredit UMKM, dan harapannya Promosi Doktor Etik ini akan menjadi titik pangkal untuknya melangkah lebih maju lagi,” ungkap Prof. Dr. H. Amri Amir selaku Promotor.

Sebagai Informasi tiga Novelty dari penelitian/Disertasi ini yaitu: (1) kajian mengenai teori ekonomi rumah tangga selalu identik dengan rumah tangga petani, namun pada penelitian ini membuktikan bahwa model ekonomi rumah tangga tersebut dapat diimplementasikan pada rumah tangga UMKM di Provinsi jambi dengan menekankan pada karakteristik rumah tangga; (2) perilaku UMKM di Provinsi Jambi sebagian besar adalah wanita (61,2%) namun probalitas untuk mendapatkan kredit lebih rendah dibandingkan dengan pelaku usaha yang laki-laki; (3) kewirausahaan mampu menjadi variabel mediasi pengaruh kredit terhadap kinerja usaha, artinya kredit yang diberikan pada pelaku UMKM dapat diarahkan untuk meningkatkan kewirausahaan sehingga pada akhirnya kinerja UMKM juga akan meningkat.

NANI NIRWANI/DEWI YUNITA

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com