KETUA INTERNASIONAL OFFICE SAMPAIKAN PERSYARATAN PPL INTERNATIONAL ASEAN

MENDALO,  Ketua International Office (IO) Universitas Jambi (Unja) Sri Wachyunni, S.S, M.Hum., M.A., Ph.D. sampaikan persyaratan Program Pengalaman Lapangan (PPL) International ASEAN yang dilaksanakan sebanyak dua gelombang dalam satu tahun (3/07).

“PPL ASEAN gelombang pertama dibuka pada bulan Januari dan gelombang kedua pada bulan Agustus selama tiga puluh hari dan untuk gelombang kedua saat ini secara umum sudah yang ke delapan, tetapi  dilingkungan Unja yang keempat”, katanya kepada Humas Unja.

Kuota yang disediakan oleh pihak Internasional Office untuk mengikuti PPL ASEAN sesuai dengan hasil sleleksi berkas dan wawancara.

“Kuotanya tergantung dengan hasil seleksi. Tetapi untuk Filipina hanya mengirimkan 4 orang mahasiswa saja”, tambahnya.

Mahasiswa yang ingin mendaftar PPL ASEAN harus memenuhi persyaratan minimal mahasiswa semester enam, telah mengontrak seratus sepuluh SKS dengan IPK diatas 3.50, memiliki perfomance yang bagus serta mahir dalam berbahasa inggris.

“Mahasiswa harus mampu memenuhi persyaratan PPL karena di sana mereka bukan hanya PPL saja, tetapi juga menulis berupa blog tentang pengalaman mereka selama mengikuti Sea Teacher setiap harinya, dan salah satu penilaian berasal dari tulisan mereka”, ungkapnya

Alur pendaftaran PPL ASEAN dimulai dari IO mengirimkan surat pemberitahuan kepada pihak Fakultas kemudian dilanjutkan ke Prodi lalu pihak Prodi akan menyeleksi mahasiswa yang akan mengikuti PPL ASEAN.

“Alurnya Kirim surat ke Fakultas, Fakultas mengirimkan ke prodi, lalu Prodi yang akan menyeleksi peserta PPL ASEAN dan nanti baru ke pihak IO untuk diseleksi hasilnya akan di umumkan di website yaitu www.internationaloffice.unja.ac.id ”, tuturnya.

Masih kata Sri Wahyuni dirinya mengatakan bahwa IO memiliki program diluar lingkup Fakultas FKIP untuk PPL ASEAN berupa Sea Tvet di Fakultas Pertanian, Peternakan, Ekonomi, Saintek. Program tersebut dilakukan secara serentak dengan Sea Teacher.

“Programnya dilakukan secara serentak. Kalau Sea Teacher PPL, sedangkan Sea Tvet itu magang”, ucapnya

PPL ASEAN dibuka untuk tiga fakultas yaitu FKIP English Education, FKIP Primary Education, dan Sport Education yang di lakukan setiap tahunnya dengan kisaran waktu dibawah satu bulan dan pada akhir Agustus dan September mendatang akan diadakan PPL ASEAN di dua negara yaitu Filipina dan Thailand.

“Dalam waktu dekat insyaallah pada bulan Agustus dan September akan ada lagi PPL ASEAN exitedstudent”, pungkasnya.

SITI ENIK/UTARI HANDAYANI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com