MAHASISWA PRODI PBSI TULIS BUKU AKSARA INCUNG MENGENAI KEARIFAN LOKAL KERINCI

MUAROJAMBI,- Lega Hidayati, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) angkatan 2015 merupakan salah satu penulis buku yang berisi tentang kearifal lokal Kerinci berjudul Aksara Incung.

Lega bersama kedua temannya Miranti Julia Ulandari, Angkatan 2014, Alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Ona Noviani, Angkatan 2015 dari  Prodi Sastra Indonesia FIB menulis buku Aksara Incung yang kini telah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sungai Penuh.

“Alhamdulillah, buku Aksara Incung yang saya tulis bersama kedua teman saya sekarang sudah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sungai Penuh” kata Lega.

Lega menambahkan bahwa buku Aksara Incung yang ia tulis bersama kedua temannya berisi tentang kearifan lokal  Kerinci yang tertuang dalam kumpulan puisi. Adapun buku yang telah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sungai Penuh tersebut sekarang ini tidak diperjual belikan tetapi dikelola oleh pemerintah daerah untuk keperluan kegiatan pembelajaran di bidang pendidikan dan kebudayaan.

“Buku ini berisi tentang puisi daerah kerinci baik itu tentang budayanya, adatnya, tempat wisatanya yang ditulis menggunakan bahasa Kerinci. Bukunya tidak diperjualbelikan, tetapi dikelola oleh pemerintah daerah dan digunakan untuk pembelajaran di bidang pendidikan dan kebudayaan” tambah Lega.

Saat ditanya harapan kedepannya, Lega berharap agar ada putra putri daerah Kerinci yang nantinya bisa mengikuti jejaknya menulis buku sastra tentang daerah Kerinci. Ia pun berkeinginan untuk menulis buku dengan judul yang lain, apalagi jika diberi kesempatan kembali untuk ikut program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sungai Penuh, Ia lebih akan bersemangat untuk menulis.

“Pengennya bisa nulis buku lagi dengan judul lain. Kalau diberi kesempatan untuk ikut program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sungai Penuh, saya akan lebih bersemangat untuk menulis. Semoga hal ini juga bisa diikuti oleh putra putri daerah yang lain” ungkap Lega.

DEWI YUNITA ANGGRAINI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com