FAPET MILIKI USAHA PENETASAN TELUR AYAM


MENDALO,- Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jambi (Unja) miliki usaha penetasan telur ayam yang dikelolah oleh Agung Suwanto selaku teknisi penetasan telur ayam yang didanai oleh Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Agung Suwanto mengatakan, penetasan telur ayam berawal dari penelitian salah seorang Dosen di Fakultas Peternakan yaitu Dr. Drh. Famidah Manin.

“Jadi awalnya itu berasal dari sebuah penelitian salah seorang Dosen di Fakultas Peternakan beberapa tahun yang lalu,” katanya.

Adanya alat penetasan ayam bisa meningkatkan hasil produksi dari ayam tersebut akan tetapi harus diikuti oleh keuletan serta ketekunan dalam mengelolanya.

“Untuk mengelolanya itu kalau dengan indukan memang dengan induknya langsung, kalau dengan mesin itu harus 8 jam sekali di bolak balik telurnya, kemudian harus diatur suhunya tidak boleh terlalu rendah dan terlalu tinggi”, Ungkapnya

Mesin yang beroperasi secara otomatis menggunakan lampu yang hidup dengan otomatis berguna untuk menghangatkan telur dan menetaskan telur sehingga bisa menetaskan telur lebih banyak.

“Kebetualan ini dengan mesin otomatis penetasannya, jadi bisa hidup mati sendiri lampunya. Jika bulan Juli kita masukan telurnya ke dalam tempat penetasan, maka pada bulan Agustus penetasannya akan berlangsung”, tambahnya.

Keunggulan mesin penetasan telur yaitu bisa menetaskan lebih banyak telur dan meminimalisir terjadinya kegagalan penetasan.

“Lebih banyak ya hasil tetasannya dan dari luar banyak sekali yang tertarik dengan mesin tetas ini. Kalau ayam kecil, biasanya dijual Ro.10.000 perekor. Untuk telur kita patok Rp 3.000 perbuahnya. Keunggulan telur disini tidak amis”, pungkasnya.

SITI ENIK/UTARI HANDAYANI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com