STAF HUMAS IKUTI PELATIHAN JURNALISTIK DAN PROFESSIONAL WRITING SKILL

JAMBI,- Sebanyak 5 orang staf humas Universitas Jambi mengikuti pelatihan jurnalistik media internal dan professional writing skill bagi penggiat humas dan staf Redaksi pengelola media internal di berbagai Instansi pemerintah yang di adakan di Hotel Tebu Bandung yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Agustus 2019. Adapun Kelima orang tersebut yaitu Silvia Yuliansari, S.H, Yulia Nengsih, S.E., Muhammad Valiant Arsy Nugraha, S.H., M.H., Irwan, S.E dan Supriyadi, A.Md,

“Pelatihan ini sangatlah penting, mengingat didalam pelatihan ini diajarkan bagaimana strategi baru kehumasan dan pemasaran modern serta menjalankan corporate journalism (jurnalistik korporat) atau brand journalism (jurnalis merek) untuk pencitraan, membangun dan menjaga reputasi, kredibilitas, dan mengembangkan publisitas melalui media. Didalam pelatihan ini juga diajarkan bagaimana cara membuat berita, siaran pers, feature, tehnik liputan dan wawancara” Ujar Silvia

Narasumber pada pelatihan ini yaitu Askurifa`i Baksin yang merupakan Dosen dan Kepala Humas Universitas Islam Bandung (Unisba) yang juga merupakan Direktur Access Productions House sekaligus Kepala Seksi Lab. Audio Visual Fikom Unisba serta Pemimpin Redaksi PrePos.Id dan aktif menulis diberbagai media, kemudian narasumber kedua yaitu J. Haryadi ketua Aliansi Penulis Indonesia (API) Jawa Barat, Direktur Mr. Pen Indonesia Cabang Jawa Barat, CEO ProExpert Publishing, Chief Executive JV Interactive dan Penulis dan Trainer bidang Kepenulisan.

Yulia Nengsih salah satu peserta pelatihan mengatakan melalui pelatihan ini, ada 3 aspek keterampilan yang akan dikembangkan, yaitu keterampilan menulis (Writing Skill), Keterampilan Bahasa dan Keterampilan Meramu dan editing Naskah.

Keterampilan Menulis (Writing Skill) yaitu keterampilan menuangkan gagasan/ide menjadi sebuah tulisan. Kemudian keterampilan berbahasa yaitu keterampilan dalam menuliskan dan menyusun kalimat-kalimat, sesuai ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan sekaligus pembaca tetap mudah memahami maksud penulis serta keterampilan meramu serta editing naskah yaitu keterampilan meramu sekaligus menyunting berbagai bahan/resources menjadi sebuah naskah yang baik. Termasuk juga keterampilan dalam memilih angle, mendesain alur penulisan, dan mengemasnya menjadi sebuah naskah yang menarik minat baca.

“Dengan adanya pelatihan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami staf PDIK Humas Unja. Dalam pelatihan, kami langsung melakukan praktek penulisan dan saya merasa ini sangat bermanfaat sekali,” Pungkasnya.

HUMAS UNIVERSITAS JAMBI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com