Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Hukum dan Manajemen Referensi


MENDALO,- Dalam rangka meningkatkan hasil/output dari penelitian agar mencapai jurnal nasional dan internasional yang bereputasi, Fakultas Hukum Universitas Jambi mengadakan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Hukum dan Manajemen Referensi pada Selasa dan Rabu, 23-24 Juli 2019 di ruang Prof. Fuad Bafadhal yang diikuti oleh dosen-dosen di lingkungan Fakultas Hukum Unja. (23/07)

Pada pelatihan tersebut, diisi oleh dua pemateri yaitu Dr. Andri G. Wibisana, S.H., LL.M yang merupakan dosen hukum dari Universitas Indonesia, dan M. Tanzil Multazam, S.H., M.Kn yang merupakan dosen hukum dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang keduanya memiliki pengalaman di bidang kepenulisan jurnal hukum.

Acara pelatihan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerjasama dan Sistem Informasi (Wadek I) FH Unja Hafrida, S.H., M.H yang mewakili Dekan Fakultas Hukum. Dalam sambutannya, Wadek I FH Unja menyampaikan bahwa diadakannya pelatihan penulisan jurnal hukum dan manajemen referensi tersebut nantinya bisa memberikan pembekalan bagi dosen-dosen FH untuk menghasilkan jurnal hukum dengan gagasan dan gaya kepenulisan yang menarik.

Lebih jauh, setelah diadakannya pelatihan penulisan jurnal hukum, Hafrida, S.H., M.H berharap hasil penelitian dari dosen-dosen FH yang dapat menghasilkan output berupa jurnal yang diterbitkan di jurnal nasional dan internasional yang bereputasi.

“Bagi dosen-dosen yang sedang melaksanakan penlitian, dengan diadakannya pelatihan kepenulisan ini diharapkan outputnya dapat menembus jurnal nasional dan internasional yang bereputasi” ungkap Wadek I FH Unja.

Saat memaparkan materi tentang gagasan, struktur dan gaya penulisan jurnal hukum yang menarik, Dr. Andri G. Wibisana S.H., LL.M mengatakan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan sesungguhnya ada di jurnal, dengan potensi tersebut Indonesia dengan kondisi yang sangat kompleks dan beragam nantinya dapat dijadikan peluang untuk memajukan pengetahuan yang ada di Indonesia khususnya di bidang hukum.

“Perkembangan ilmu pengetahuan sebenarnya ada pada jurnal. Indonesia dengan kondisi yang sangat kompleks dan beragam bisa dijadikan peluang bagi para peneliti untuk membuat jurnal-jurnal berkualitas sehingga memajukan pengetahuan yang ada di Indonesia, khususnya bidang hukum” kata Dr. Andri G. Wibisana S.H., LL.M

Meskipun penulisan jurnal masih menjadi permasalahan di perguruan tinggi di Indonesia, namun Dr. Andri G. Wibisana S.H., LL.M yakin bahwa melalui pelatihan-pelatihan kepenulisan jurnal, dosen-dosen di perguruan tinggi akan mampu menghasilkan jurnal yang berkualitas untuk diterbitkan di jurnal nasional dan internasional yang bereputasi, tutupnya.

Dewi Yunita Anggraini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com