FAPERTA TUAN RUMAH SEMIRATA 2019

MENDALO,- Rapat Tahunan Dekan dan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jambi (Unja) pada tahun 2019 diselenggarakan di Swis-Belhotel Jambi memilih tema `Inovasi Perttanian Berbasis Sumberdaya Lokal Berorientasi Entreprenuership` (28/8).

Kegiatan diikuti sebanyak 350 peserta yang terdiri dari berbagai elemen dan kelompok seperti dosen PTN dan PTS didalam dan luar negeri, peneliti yang merupakan dinas instansi dan swasta serta mahasiswa S1, S2 dan S3 PTN dan PTS, stakeholder yang terkait Budidaya Pertanian, Teknologi Pertanian, Sosial Ekonomi Pertanian, Kehutanan, Peternakan, Perikanan dan Pengolahan.

Dekan Fakultas Pertanian, Dr Ir Ahmad Ridwan, MSi, menyampaikan bahwa seminar ini sebagai ajang diskusi dari beberapa hasil penelitian para dosen diharapkan memunculkan gagasan dan inovasi.

“Kita tingkatkan penelitian bidang pertanian agar bisa memberikan kontribusi pada pembangunan negeri ini, sumber daya pertanian harus maju,” ujarnya.

Dr. Ridwan juga mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk mendiskusikan pembangunan berkelanjutan berbasis sumberdaya lokal.

“Didalam seminar ini akan mendiskusikan pembangunan pertanian berkelanjutan berbasis sumberdaya lokal menuju masyarakat tani yang mandiri, tangguh dan bermartabat kemudian mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan hasil pemikiran (kajian literatur) dalam bidang ilmu-ilmu ertanian serta mendiskusikan peluang kerjasama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyrakat,” Ujar Dr. Ridwan.

Sementara itu Rektor, Prof H Johni Najwan, SH, MH, PhD, mengapresiasi Jambi sebagai tuan rumah seminar nasional sekaligus tempat pertemuan Dekan seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Wilayah Barat.

“Tema yang diusung juga sangat menarik, karena memajukan pertanian sumber daya lokal yang berorientasi entrepreneurship. Harapannya pada seminar ini menghasilkan ide, inovasi yang dapat diterapkan di bidang pertanian untuk kemajuan para petani dan industri pertanian,” kata Rektor

Hadir dalam kegiatan sebagai narasumber yaitu Wakil Wali Kota Jambi, Dr dr H Maulana, MKes, Rektor ITB yang diwakili Dr Ir Anas Maruf, MT, Prof Dr Ir Dompak MT Napitupulu, MSc, Guru Besar Faperta Unja dan Dr M Fadhil Hasan Direktur Corporate Affairs Asian Agri.

Dihari kedua  diadakan kunjungan ke PT Asian Agri untuk melihat langsung pengelolaan perkebunan sawit dan melihat proses pengolahan sawit di Pabrik PT. Asian Agri Merlung Provinsi Jambi.

SILVIA YULIANSARI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com