1.250 MAHASISWA IKUTI DIKLAT KUKERTA

MENDALO,- Rektor Universitas Jambi Melepas 1250 orang mahasiswa Universitas Jambi (Unja) untuk mengikuti Kukerta di beberapa kecamatan yang ada di Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, beberapa Kecamatan di Jambi Luar Kota dan beberapa Kecamatan di Kota Jambi. Diklat dilaksanakan di Balairung Pinang Masak Kampus Mendalo (14/7).

Diklat dibuka oleh Rektor Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Kukerta merupakan opsi yang dapat dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan peraturan akademik.

“Berdasarkan Peraturan Rektor Nomor 2 Tahun 2017, sejak semester ganjil Tahun Akademik 2017, KKN tidak lagi wajib, tetapi sudah pilihan. Pilihan yang dimaksud adalah pilihan bersyarat seperti  KKN Regular, KKN Tematik, dan Magang. Ketiga pola atau opsi ini masing-masing memiliki keunggulan dan kekuarangan.,” Ujar Rektor.

Lebih jauh Rektor mengatakan mahasiswa yang melaksanakan KKN ketika berada di lokasi seperti haruslah adaptif dan komunikatif dengan keadaan sekitar.

“Semoga kehadiran kita nanti di masyarakat betul-betul bermanfaat dengan program-program KKN yang unggul dan inovatif” Jelas Rektor.

Sementara itu Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Dr. Ade Octavia, S.E., M.M mengatakan KKN merupakan kegiatan kerja pengabdian masyarakat khususnya yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa.

“Kegiatan ini terkait dengan revolusi mental mahasiswa. Oleh karena itu, wajib bagi mahasiswa untuk menjaga nama baik Universitas Jambi,” Ujarnya.

Selain itu, Ade juga menjelaskan tingkat kepercayaan beberapa Kementerian dalam menjalin kerjasama dengan Unja khususnya dalam penyelenggaraan kukerta.

“Sebagai informasi, hingga saat ini, Unja masih dipercayai oleh pemerintah melalui kementerian negara untuk menjalin kerjasama dalam rangka pelaksanaan kukerta melalui peran serta dari mahasiswa di daerah”.

Sebagai informasi, Diklat kukerta dilaksanakan selama dua hari dengan tema dan materi yang telah disusun oleh badan pelaksana kuliah kerja nyata.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com