PERPUSTAKAAN MASA DEPAN

Berbicara mengenai perpustakaan, tak banyak yang tidak mengetahui apa itu perpustakaan. perpustakaan sendiri banyak digunakan dalam kalangan pendidikan sehingga memiliki manfaat yang besar untuk dunia pendidikan dan juga perpustakaan biasanya digunakan untuk arsip Negara. Pada era sekarang, perpustakaan banyak mengalami perubahan-perubahan yang modern. Tidak hanya menggunakan media cetak, melainkan dapat juga digunakan dengan media elektronik sebagai alat pembantu mempermudah untuk mengaksesnya.”

NAMUN berbicara mengenai perpustakaan, tidak hanya membahas mengenai koleksi pustaka yang dimiliki dan pengembangan koleksi pustaka dalam bentuk digital. Masih ada pustakawan yang dapat menjadi nilai jual dan penguat dari keberadaan perpustakaan. apalagi saat ini koleksi buku ataupun buku elektronik semakin mudah didapatkan dengan prosedur peminjaman dan pengembalian yang lebih mudah dan mandiri, bahkan tidak merepotkan peminjam.

Menjawab pertanyaan mengenai perpustakaan masa depan telah dijelaskan pada buku portal to the past and to the future : libraries in Germany, karya Jurgen seefeldt dan Ludger Syre menjelaskan dalam salah satu bab nya, bahwa keberadaan perpustakaan akan tetap abadi. Bentuk perpustakaan umum akan mengalami adaptasi sesuai dengan perkembangan dunia. Perpustakaan sendiri telah mengalami beberapa kali evolusi dalam perkembangannya. Jika semula perpustakaan berfokus pada koleksi pustaka dan layanan, kini telah bergeser pada nilai tambah.

Perpustakaan selalau diidentikan dengan buku, gedung pojok, pustakawan menggunakan kaca mata bolor, dan masalah klasik anggaran minim, sehingga terkesan perpustakaan kurang menarik. Gambaran seperti itu dialami perpustakaan masa lalu di negara berkembang.

Peran perpustakaan seolah hanya sebagai pelengkap. Tidak menyadari bahwa peradapan bangsa tersimpan diperpustakaan. Berbagai bidang ilmu pengetahuan tersimpan di perpustakaan, dan merupakan sumberdaya informasi pengetahuan yang sangat besar. Perkembangan perpustakaan saat ini semakin maju, terutama perpustakaan perguruan tinggi. Bermunculan perpustakaan bertaraf internasional yang dilengkapi dengan berbagai teknologi modern. Fungsi perpustakaan saat ini sudah berkembang sesuai tuntutan pemustaka yang serba instan, sehingga mengharuskan perpustakaan dilengkapi teknologi informasi dan komunikasi yang memadai.

Keberadaan gawai saat ini membuat layanan perpustakaan juga berubah dari semula mengandalkan lokasi, luasan ruang, kelengkapan koleksi, atau sistem informasi ke perpustakaan yang dapat menyediakan layanan yang dapat menjawab kebutuhan dunia pendidikan dalam hal menemukan rujukan berkualitas, penulisan rujukan yang baik, bahkan juga mengantisipasi plagiasi

Berbeda halnya dengan perpustakaan di masa depan bukan lagi hanya tempat untuk meminjam dan mengembalikan buku, tetapi sebuah perpustakaan yang menjadi tempat masyarakat untuk melakukan interaksi sosial. Interaksi yang dimaksud adalah diskusi, workshop, pertemuan komunitas dan pengembangan kreatifitas, dll.

Dengan demikian, perkembangan perpustakaan pada tahapan berikutnya sangat mungkin terjadi dan bisa diciptakan. Hal ini perlu untuk menyesuaikan dengan perkembangan pemustaka dan perkembangan teknologi informasi. Harapannya berbagai penyesuaian dapat membuat perpustakaan semakin berharga dan memberi dampak yang semakin besar bagi dunia pendidikan.

Almira, Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com