RAIH BANYAK PRESTASI, M. IRHASH SHALIHIN INGIN JADI BAGIAN PERTUKARAN PELAJAR DI AMERIKA

MENDALO,- Muhammad Irhash Shalihin, Mahasiswa semester 7, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Program Studi (Prodi) Kimia Universitas Jambi (Unja) patut mendapatkan apresiasi atas prestasinya diberbagai ajang regional hingga nasional. Tak ingin sebatas nasional, Irhas pun bercita-cita jadi bagian pertukaran pelajar di Amerika Serikat (15/7).
Selama menjadi mahasiswa FST, Irhas telah mengharumkan nama Unja melalui keikutsertaannya dalam ajang perlombaan OSN di tingkat Provinsi, Regional hingga Nasional serta mengeksistensikan program kreatifias mahasiswa.

Selain mengikuti banyak perlombaan dan PKM, Irhas juga merupakan salah satu mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan (BU) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa yang diberikan kepada putra dan putri terbaik Bangsa Indonesia baik perorangan maupun usulan prodi minimal akreditasi B untuk melanjutkan studi di jenjang pendidikan S1, S2, dan S3.

“Di Unja ada sekitar 6 mahasiswa yang lulus beasiswa unggulan ini, yang memang merupakan besiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi tingkat nasional dan saat itu saya lolos melalui tahapan wawancaranya di Padang, Sumatra Barat” jelas Irhas.

Irhas mengatakan bahwa menjadi mahasiswa Prodi Kimia membuatnya ingin selalu mengasah kemampuan serta pengalaman dibidang keilmuannya. Salah satunya, Irhash menjadi peserta terbaik On MIPA tingkat Provinsi, peserta terbaik On MIPA tingkat Wilayah X/Regional, dan menjadi Delegari peserta On MIPA ke tingkat Nasional pada tahun 2017 dan 2018 sekaligus.

Tidak hanya itu, Irhash juga Mengikuti PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dan lolos Pendanaan untuk penelitian tentang Short Term Merkuri dan kembali mengikuti PKM pada tahun ini dengan fokus penelitian Senyawa Anti Kanker dari Daun Babuas (Premna Cordifolia).
Irhash mengungkapkan bahwa pencapaiannya selama ini mulai dari SMA hingga perguruan tinggi tidak lepas dari dukungan orang-orang terdekatnya.

“Alhamdulillah orang-orang terdekat selalu mensuport terutama orang tua dan keluarga. Dari pihak kampus tentunya dari pihak civitas akademika yakni Rektor dan jajarannya kemudian Dekan serta teman-teman mahasiswa seperjuangan,” tutup Irhash.

NANI NIRWANI/ALMIRA NABILA

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com