Maslahatun Amma Sasqia: Anak Petani juga Boleh Bermimpi

“Anak petani juga boleh bermimpi” itulah yang dikatakan Maslahatun Amma Sasqia, Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) angkatan 2015 yang memiliki banyak prestasi yang membanggakan keluarga dan almamater oranye, Universitas Jambi dan menjadi motivasi bagi dirinya untuk semangat berprestasi.

MENDALO,- Keinginan sederhana Kiky (sapaan akrab Maslahatun Amma Sasqia) dari kecil yang ingin merasakan naik pesawat gratis kini bukan lagi menjadi mimpi. Semenjak duduk di bangku perkuliahan, Kiky sangat termotivasi untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya hingga mengantarkannya memperoleh banyak prestasi yang membanggakan dan mewujudkan mimpi-mimpinya.

Kiky sudah menunjukkan bakatnya di bidang menulis semenjak duduk di bangku sekolah. Kiky menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN 37/VIII Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo (2003-3009). Tamat sekolah dasar, Kiky melanjutkan pendidikan menengah pertamanya di SMP Negeri 17 Kota Jambi (2009-2012), dan melanjutkan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 4 Kota Jambi (2012-2015). Kini Kiky tercatat sebagai salah satu mahasiswa Psikologi FKIK Universitas Jambi.

Mahasiswi Kelahiran 22 Oktober 1997 tersebut mengaku semangatnya berprestasi adalah untuk membahagiakan dan membanggakan orang tua melalui pencapaiannya. Untuk mewujudkannya, Kiky rutin membuat target-target yang ingin dicapai dalam setiap tahunnya agar lebih bersemangat dalam menggapai prestasi dan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai tempat yang dapat menambah wawasan dan pengalamannya.

“Tiap tahun saya punya target, entah itu punya piala, pengen jadi juara, naik pesawat gratis atau bahkan jalan-jalan gratis yang tentunya saya wujudkan dengan mengikuti perlombaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan saya” ungkap kiky.

Selama menjadi mahasiswa Unja, Kiky dikenal sebagai mahasiswa yang ceria, aktif, kreatif dan menginspirasi melalui pencapaian-pencapaiannya.

Tahun 2015 saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas, Kiky memperoleh Juara 2 Lomba Esai “The Future Me For Jambi” tingkat SMA seprovinsi Jambi, Juara 2 lomba Esai Anti Narkoba tingkat pelajar SMA se-provinsi Jambi, dan menjadi finalis 10 besar Lomba Karya Tulis Ilmiah “Kontribusi Ilmu Kimia dalam Pemanfaatan SDA untuk Indonesia” tingkat pelajar SMA se-SUMBAGSEL.

Tahun 2016, Kiky memperoleh Juara 2 Lomba Berbalas Pantun tingkat Mahasiswa se-provinsi Jambi yang diadakan oleh Kantor Bahasa Jambi.

Tahun 2017, Kiki meraih penghargaan sebagai Wakil I Puteri Duta Bahasa Provinsi Jambi sekaligus menjadi perwakilan Duta Bahasa Jambi dalam kegiatan Pekan Bahasa se-Sumatera di Bandar Lampung. Masih di tahun 2017, Kiky juga menjadi perwakilan Alpha Zetizen Provinsi Jambi Jawa Pos di Surabaya dan memperoleh beasiswa NC3 Tanoto Foundation.

Tahun 2018, Kiky menjadi finalis Lomba Esai Nasional LIPI “Merajut Kebangsaan Mengikat Lokalitas Bahasa dan Budaya Lokal sebagai Media Pemersatu Bangsa”, dan menjadi presenter artikel ilmiah dalam Konferensi Psikologi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Dilihat dari prestasi-prestasi yang telah diperolehnya. Kiky termasuk generasi muda yang cinta akan dunia literasi dan kebudayaan yang ada di Indonesia khususnya di Provinsi Jambi. Tentu, Kiky adalah salah satu mahasiswi yang membanggakan keluarga, Universitas Jambi dan Provinisi Jambi.

Dalam menjalani kuliahnya, Kiky tak hanya aktif berprestasi namun juga aktif berorganisasi dan mengadakan pengabdian kepada masyarakat melalui organisasi yang diikutinya.

Kiky pernah menjadi Staff PSDM IMA Psikologi Unja (2015-2016), Staff BPPK (Badan Pengembangan dan Pengkajian Keilmuan) ILMPI (2015-2016), Kepala Departemen PSDM IMA Psikologi Unja (2017-2018), Staff Kontributor Imagz (ILMPI Magazine) Edisi 8 tahun 2015, Staff Editor Imagz (ILMPI Magazine) Edisi 9,10, 11 tahun 2016, Ketua Komunitas Kampung Pintar (2017), Duta Bahasa Provinisi Jambi tahun 2017, Alpha Zetizen Jambi tahun 2017, dan Kepala Divisi Sospengmas TSA (Tanoto Scholars Association) Jambi periode 2018-2019.

Ke depannya, Kiky berharap bisa melanjutkan pendidikan S2 dengan melalui beasiswa dan mengadakan pengabdian kepada masyarakat baik itu di bidang literasi, maupun bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Lebih jauh, harapan Kiky adalah menjadi seorang dosen atau pekerja sosial seperti community development ke masyrakat.

“Keinginan sebenanya banyak, diantaranya saya ingin melanjutkan S2 dengan memperoleh beasiswa. Untuk menunggu itu saya ingin mengikuti kegiatan pengabdian dan pelatihan sociopreneur karena ke depannya saya ingin menjadi dosen atau pekerja sosial yang memberikan manfaat bagi banyak orang” kata Kiky.

Dewi Yunita Anggraini

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com