MAHASISWA FKIP GIATKAN LITERASI MELALUI GARASI BACA

MENDALO,-  Nadia Sutra Lismi, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Angkatan 2015 merupakan mahasiswa yang aktif menggiatkan literasi di kalangan anak-anak melalui Garasi Baca Lentera Arasyid miliknya yang berlokasi di Perumahan Bougenvil Simpang Rimbo, Kota Jambi.

Garasi Baca Lentera Arasyid milik Nadia hadir sebagai stimulan bagi anak-anak untuk membangun budaya membaca. Mulai tahun 2016 Nadia sudah mulai menyiapkan tempat dan buku-buku bacaan yang akan digunakan untuk membuat taman baca.

“Sebenarnya tahun 2016 itu sudah mulai pajang-pajang buku untuk dibaca umum, tapi baru di tahun 2018 saya beranikan diri untuk benar-benar membuat Garasi baca Lentera Arasyid sebagai stimulan dan fasilitas bagi anak-anak agar memiliki budaya membaca” kata Nadia.

Mahasiswa yang pernah menjadi Finalis Duta Baca Provinsi jambi ini juga menambahkan bahwa bagi sebagaian anak-anak dilingkungan tempat tinggalnya. buku merupakan barang mewah bagi mereka yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Maka Nadia pun membuka garasi baca yang bisa menjadi tempat dan memfasilitasi anak-anak untuk membangun kecintaan terhadap buku dan menambah wawasan serta pengetahuan bagi anak-anak.

“Bagi mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, buku bacaan  merupakan barang yang mewah, sehingga dengan adanya Garasi Baca Lentera Arasyid ini ketika mereka ingin membaca dan tidak punya buku, mereka bisa datang ke sini” tambah Nadia.

Terkait dengan pengadaan buku untuk mengisi garasi bacanya, Nadia mengungkapkan bahwa sebagian buku didapatkannya dengan membeli menggunakan tabungan yang ia punya dan mendapat bantuan dari pegiat literasi lain serta donatur dari berbagai tempat di Indonesia.

“Ada buku yang saya beli pakai uang tabungan saya dan sebagian lainnya berasal dari sumbangan teman-teman pegiat literasi lain dan dari donatur di Indonesia. Sekarang juga kan ada program gratis ongkir pengiriman buku khusus untuk rumah baca, jadi sumbangan dari jauh bisa pakai jasa itu” ungkap Nadia.

Kini, Garasi Baca Lentera Arasyid selain berlokasi di Simpang Rimbo, Nadia juga membuka rumah baca di Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Barat dengan jumlah anak yang belajar di rumah baca tersebut sekitar 100 orang. Nadia pun mengungkapkan harapannya agar hal yang ia lakukan dapat benar-benar memberi manfaat bagi peningkatan budaya membaca di Indonesia khususnya di Jambi.

“Alhamdulillah sekarang punya 3 rumah baca, Garasi Baca Lentera Arasyid di Simang Rimbo, Muaro Jambi dan Tanjabbar. Semoga ini dapat memberi manfaat bagi peningkatan budaya membaca di Jambi” ungkap Nadia.

DEWI YUNITA ANGGRAINI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com