TRANS SIGINJAI MULAI BEROPERASI DI UNJA


MENDALO,- Trans Siginjai adalah angkutan berbasis Bus Rapid Transit (BRT) yang sudah banyak digunakan di kota-kota besar yang ada di Indonesia, seperti yang ada di Jakarta, dengan Tranjakarta, kemudian yang ada di Provinsi tetangga di Sumatera selatan dengan Trans Musi nya, namun ukuran mobil Trans Siginjai tidaklah sebesar Trans Jakarta, Trans siginjai lebih kecil dibanding Trans Jakarta. Trans Siginjai merupakan bantuan khusus dari pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan.

Pada tahap awal ini, Dishub Jambi telah menyelesaikan pembangunan 19 unit halte dengan tujuh unit halte permanen dan 12 unit halte portabel. Ini merupakan koridor pertama dari rencana empat koridor angkutan Trans Siginjai.

Koridor pertama ini menghubungkan kawasan Telanaipura sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jambi dengan daerah Mendalo sebagai kawasan pendidikan yakni Universitas Jambi dan Universitas Islam Negeri (UIN) Jambi. Koridor ini memiliki panjang jalur sekitar 30 kilometer. Dengan tarif Rp 3.000 perorang.
Saat ini, Bus Trans Siginjai sudah mulai beroperasi di Unja, sebelumnya sudah dilakukan kerjasama antara Unja dan Dishub Provinsi Jambi untuk mendirikan Halte Bus Trans Siginjai didalam area kampus Unja Mendalo (1/10).

“Bus Trans Siginjai sudah mulai beroperasi di Unja, Halte nya ada di Depan Paud Pinang Masak, Depan Perpustakaan dan didepan Fakultas Ekonomi. jadi mahasiswa dan pegawai serta masyarakat sekitaran kampus bisa menikmati fasilitas yang telah disediakan,” Ujar Rektor Prof. H. Johni Najwan, S.H.,M.H., Ph.D.

Sementara itu, Dita Mahasiswa FKIP yang selalu menggunakan Bus Trans Siginjai untuk pergi dan pulang kuliah merasa sangat dimudahkan sekali, ia mengatakan dengan adanya Bus Trans Siginjai masuk ke dalam area kampus sangat memudahkannya.

“Kalau sebelumnya, masuk ke kampus saya musti jalan ke depan atau naik ojek. biaya pengeluaran pun jadi bertambah. Kalau sekarang, saat masuk kampus, hanya tinggal menunggu saja dan pengeluaran Saya juga dihemat,” Ujar Dita.

Selain itu ia juga mengatakan jarak antara rumahnya dan kampus memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan sedangkan kalau menggunakan Trans Siginjai waktu yang diperlukan sekitar 25 menit.

Sementara itu Rusmaini mahasiswa Fakultas Peternakan mengatakan dengan adanya halte bus Trans Siginjai didalam Kampus Unja Mendalo akan memudahkan mahasiswa dan pegawai untuk mendapatkan fasilitas Trans Siginjai.

“ Kita sebagai pengguna Trans Siginjai tentunya senang sekali dengan adanya Halte Trans Siginjai yang berada di dalam kampus Unja Mendalo, karena sebelumnnya saya bersama teman-teman harus jalan kaki keluar kampus untuk naik ke halte Bus Trans Siginjai yang berada di depan Unja Mendalo tepatnya di depan masjid, jadi kalau sekarang sudah ada didalam kampus kami bersyukur sekali,” terang Rusmaini.

Selain itu Rusmaini juga mengatakan fasilitas bus yang cukup nyaman membuat ia sering menggunakan Trans Siginjai ketimbang membawa kendaraan pribadi, fasilitas yang ada berupa AC, tempat sampah, apar pemadam kebakaran bahkan ada juga buku doa bagi penumpang membuat ia lebih memilih untuk menaiki Trans Siginjai.

Silvia Yuliansari

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com