PEMILIHAN BAKAL CALON REKTOR UNJA PERIODE 2020-2024


MENDALO,- Universitas Jambi menggelar rapat terbuka senat dan rapat tertutup senat dalam rangka Pemilihan Rektor Periode 2020-2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Senat Lantai III Kampus Mendalo. Adapun rangkaian kegiatan senat tersebut adalah mendengar visi dan misi calon Rektor (2/10).

Ada lima calon yang akan menyampaian visi misi tersebut yaitu Dr. Sahuri L, S.H., M.Hum., Prof. Dr. Erlita Rahmi, S.H., M.Hum, Prof. Drs. H. Sustrino, M. Sc., Ph.D, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., dan Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M. MS.

Rapat Senat Terbuka diadakan sekitar pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB, dalam rapat senat terbuka digelar penyampaian visi misi bakal calon Rektor dan program kerja dari lima bakal calon rektor, Rapat senat terbuka dihadiri langsung oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diwakilkan kepada Sekretaris Inspektorat Jenderal, Dr. Yusrizal Bachtiar, Ak., M.M.C.A.

“Kemenristekdikti berpesan agar proses pemilihan Rektor Unja tidak membuat sivitas akademika, staf beserta dosen bercerai berai dikarenakan dukungan masing masing pada bakal calon Rektor Unja. Seluruh anggota senat hadir, mahasiswa juga hadir. Ini sesuatu yang baik dalam proses pemilihan pimpinan Universitas Jambi periode 2020-2024,” lanjutnya.

Kemenristekdikti berharap, tahapan pemilihan rektor tersebut dapat berjalan lancar dan dapat mengeratkan persaudaraan sivitas untuk membangun Unja ke depan.

“Pesan Pak Menteri, yang menjadi pimpinan di perguruan tinggi harus membawa perguruan tinggi menjadi lebih baik,” tambah Bakhtiar.

Sementara itu Ketua Senat Unja Prof. Amri Amir mengatakan bakal calon rektor telah melakukan deklarasi damai sebelumnya hingga setelah proses pemilihan rektor dilaksanakan, ia juga berharap pemilihan Rektor ini dapat berjalan dengan aman, damai, sejuk dan lancar.

Senada dengan Ketua Senat, ketua Panitia Pemilihan Rektor Unja, Dr. Fauzi Syam, mengatakan setelah dilaksanakan penyaringan calon rektor, tahapan selanjutnya yakni pemilihan rektor Unja. Pemilihan rektor Unja tersebut di perkirakan akan dilaksanakan pada bulan November 2019.

 Dalam pemilihan tersebut yang memiliki hak suara yakni ketua beserta anggota senat dan pejabat Kemenristekdikti, Dengan presentasi 65 persen suara dari senat Unja dan 35 persen suara dari pejabat Kemenristekdikti.

“Terdapat 56 orang anggota senat Unja yang memiliki hak suara,” kata Dr. Fauzi Syam.

Kemudian setelah diadakanya Rapat senat terbuka dilanjutkan dengan Rapat Senat Tertutup untuk memilih 3 calon rektor dari 5 bakal calon Rektor yang diadakan sekitar pukul 13.00 WIB pada hari yang sama.

Pada Rapat senat tersebut diperoleh hasil 3 nama calon yang akan maju ke tahap selanjutnya yaitu tahap pemilihan calon Rektor periode 2020-2024 yakni Prof. H. Johni Najwan, S.H.,M.H., Ph.D., Dr. Sahuri L, S.H., M. Hum. dan Prof. Drs. H. Sustrino, M.Sc., Ph.D.

Melalui sistem voting yang dilakukan oleh 56 orang Senat Unja, perolehan suara masing-masing calon yaitu Prof. Johni Najwan mendapatkan 30 suara, Dr. Sahuri mendapatkan 10 suara dan Prof. Sutrisno mendapatkan tujuh suara.

Ia menjelaskan, Prof Sutrisno dan Prof Haryadi mendapatkan suara sama dengan tujuh suara, namun saat dilakukan pemilihan lanjutan Prof. Sutrisno berhak mendapatkan posisi ketiga sebagai calon rektor karena mendapatkan 41 suara. Sedangkan Prof. Haryadi hanya mendapatkan 13 suara. Sementara itu, kandidat lainnya, Prof Elita Rahmi dalam voting yang pertama hanya mendapatkan dua suara.

Menurut Dr. Fauzi sebelum ke tahap pemilihan calon rektor, Kemenristekdikti akan mendalami profil ketiga calon tersebut terkait akademik, manajemen kepemimpinan calon rektor serta akan meminta rekomendasi dari PPATK perihal calon tersebut apakah memiliki masalah atau tidak, kemudian Kemenristekdikti akan mendengar tanggapan dari pihak-pihak lainnya, karena pada saat pemilihan nanti Kemeristekdikti memiliki persentasi 35 persen persentase 65 persen hak suara dari senat yang akan diberikan oleh pejabat Kemenristekdikti.

SILVIA YULIANSARI

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com