LPTIK ADAKAN PELATIHAN ELISTA BAGI MAHASISWA


MENDALO,- Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Unja mengadakan Pelatihan ELISTA (sistem elektronik terintegrasi tugas akhir mahasiswa) di ruang Vicon LPTIK mulai tanggal 24 hingga 26 Juli 2019. Dalam setiap harinya, ada dua sesi pelatihan tersebut yaitu pada pukul 09.00-11.00 dan 14.00-16.00 yang diikuti oleh 25 orang setiap sesinya.

Sebagai informasi, ELISTA telah dilaunchingkan pada awal Juli tahun 2018 lalu, dan artinya ini memasuki tahun kedua mahasiswa mengerjakan tugas akhir melalui ELISTA. Memasuki semester ganjil di tahun ajaran baru, terdapat mahasiswa yang memasuki semester 7 yang perlu pelatihan untuk menggunakan ELISTA.

“Pelatihan ini utamanya untuk mahasiswa yang belum pernah menggunakan ELISTA, misalnya mahasiswa yang memasuki semester 7 dan baru akan mengontrak mata kuliah skripsi, agar mereka dapat menggunakan ELISTA ini dengan baik tanpa ada kendala yang berarti” kata Pradita Eko Prasetyo, S.Pd, M.Cs yang merupakan dosen Sistem Informasi Unja yang juga pemateri dalam pelatihan tersebut.

Dalam menyampaikan tutorial pengunaan ELISTA, Pradita Eko Prasetyo, S.Pd, M.Cs mengatakan bahwa mahasiswa harus bisa menggunakan ELISTA karena setiap mahasiswa akan melaksanakan tugas akhir (skripsi, tesis, dan disertasi) melalui ELISTA sehingga proses pengerjaan tugas akhir menjadi lebih efektif dan efisien karena tidak terbatas ruang dan waktu.

“Dengan adanya ELISTA ini akan membantu tertib dokumen, pengarsipan, dan ELISTA tak terbatas ruang dan waktu, misalnya mahasiswa bisa mengajukan judul dari jarak jauh. Agenda bimbingan dan jadwal seminar pun menjadi tertib untuk dilaporkan sehingga setiap pengelola dan dosen pembimbing dapat mengontrol waktu pengerjaan mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya” ungkap Pradita Eko Prasetyo, S.Pd, M.Cs.

Selain itu, hal yang dihindari oleh ELISTA adalah menghindari judul dan isi skripsi yang mirip, karena Ketua Prodi sebagai pengelola dapat memantau persentase kemiripan judul ataupun isi skripsi yang diajukan sehingga memperkecil kemungkinan plagiarisme.

Muhammad Abdurrohim, sebagai salah satu peserta pelatihan yang berasal dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Kampus Unja Muara Bulian mengatkan bahwa pelatihan ELISTA sangat membantunya dalam mengerjakan tugas akhir nanti.

“Saya jauh-jauh dari Muara Bulian untuk mendapatkan pelatihan ini. Karena setiap mahasiswa yang akan mengerjakan tugas akhir akan menggunakan ELISTA. Sehingga pelatihan ini sangat membantu saya untuk mengetahui bagaimana cara menggunakannya, dan pematerinya pun dengan jelas mempraktekkan bila terjadi perubahan data dari mahasiswa sendiri dan bagaimana yang harus dilakukan agar setiap kegiatan mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir dapat terinput di ELISTA ini” kata Rohim.

Rohim pun berharap, dengan menggunakan ELISTA dirinya bisa mengerjakan tugas akhir tepat waktu sehingga masa studinya pun terselesaikan tepat waktu.

“ELISTA mempermudah mahasiswa untuk mengerjakan tugas akhir, pengajuan judul, agenda bimbingan, jadwal seminar dan surat-surat yang nantinya diperlukan untuk pengerjaan tugas akhir (surat untuk dosen pembimbing dan undangan menghadiri seminar hasil dan sidang akhir) ada sini. Sehingga dengan begitu sangat membantu saya dan mahasiswa Unja untuk menyelesaikan tugas akhir tepat waktu” ungkap Rohim

Dewi Yunita/Nani Nirwani

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com