PELATIHAN PENGOPERASIAN GAS CHROMATOGRAPHY


MENDALO,- Demi terwujudnya layanan laboratorium yang professional dan dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi di Universitas Jambi, Unit Pelayanan Teknis Laboratorium Dasar dan Terpadu (UPT-LDT) adakan pelatihan pengoperasian Gas Chromatography selama dua hari pada tanggal 22-23 Agustus 2019 di ruang UPT Laboratorium Dasar dan Terpadu (22/8).

Rangkaian acara pelatihan pengoperasian Gas Chromatography (GC) yang dilaksanakan selama dua hari dimulai dengan registrasi peserta yang berasal dari teknisi UPT-LDT, pembukaan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. H. Mutholib, M.S, teori pengenalan alat, praktik penggunaan GC, dan pengolahan data analisa oleh Abdurrahman yang berasal dari PT. SaranaLab Mandiri Analita dan diakhiri dengan acara penutupan.

Gas Chromatography merupakan jenis kromatografi yang umum digunakan dalam analisis kimia untuk pemisahan dan analisis senyawa yang dapat menguap tanpa mengalami dekomposisi. Alat tersebut sudah ada di UPT-LDT sehingga pelatihan pengoperasian GC ini bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan para teknisi UPT-LDT unutuk mengoperasikan GC.

“UPT Laboratorium Dasar dan Terpadu sudah punya alat-alat labor yang canggih termasuk GC. Sehingga pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pembelakan kepada teknisi UPT-LDT agar memiliki kemampuan yang optimal dalam mengoperasikannya” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Unja saat ditemui usai membuka acara.

Lebih lanjut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. H. Mutholib, M.S juga berharap dengan pengoptimalan kemampuan teknisi UPT-LDT dapat memberikan pelayanan kepada pengguna laboratorium termasuk masyarakat dari luar Unja.

“Laboratorium Unja tak hanya dapat diakses mahasiswa dan sivitas akademika Unja, tapi juga oleh masyarakat dari luar Unja. Sehingga dengan pengoptimalan kemampuan yang mumpuni kepada teknisi UPT-LDT dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna UPT-LDT Unja” tambah Wakil Rektor Bidang Akademik Unja.

Dalam penyampaian materi, Abdurrahman menyampaikan dasar-dasar penggunaan, instrumen, aplikasi, perawatan, praktik penggunaan GC, dan pengolahan data analisia. Abdurrahman mengatakan bahwa orang yang menggunakan/mengoperasikan merupakan hal yang paling penting, artinya pelatihan pengoperasian alat laboratorium sangat perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pengguna alat-alat canggih laboratorium.

“Alat yang sudah canggih di laboratorium harus diimbangi dengan kemampuan yang mumpuni dari orang yang menggunakan atau mengoperasikan. Pelatihan penggunan alat labor sangat baik untuk peningkatan dan pengoptimalan kemampuan para teknisi laboratorium khususnya di UPT-LDT Unja” kata Abdurrahman.

DEWI YUNITA/NANI NIRWANI

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com