DOSEN PERTERNAKAN CIPTAKAN STARBO AFE UNTUK PEMBUATAN KOMPOS

MENDALO,- Dosen Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Jambi (Unja) Prof. Dr. Ir. Adriani, M.Si., Dr. Drh. Fahmida Manin, MP, serta Ir. Ella Hendalia, MS. ciptakan STARBO AFE sebagai bahan organik untuk pembuatan kompos untuk membantu proses pengomposan lebih cepat terurai yang di danai oleh Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) Kemenristekdikti (15/07).

Prof. Dr. Ir Andriani selaku Ketua Penelitian mengatakan bahan dasar dari STARBO AFE terdiri dari bebera macam mikroba, yaitu dari saluran pencernaan angsa, akar bambu, dan tandan kelapa sawit.

“Jadi kita ambil mikrobanya yang bisa mencerna tandan , diambil, isolasi, identifikasi, dan masukan sehingga mudah dicerna oleh tandan”, katanya kepada Humas Unja.

Beliau juga menambahkan bahwa produk STRABO AFE adalah produk pengembangan dari probiotik yang dimulai dari tahun 2004.

“Produk produk ini hasil dari penelitian kampus sudah berlangsung selama dua tahun, didanai untuk kesiapan produksi dikombinasikan dengan bakteri dari akar bambu, bersama bakteri kelapa tandan sawit” tambah Adriani

Senada dengan itu Ir. Ella Hendalia, MS selaku anggota penelitian menjelaskan fungsi STARBO AFE agar lebih cepat menghancurkan bahan-bahan organik, lebih cepat untuk penguraian.

“Biasanya bahan organik penguraiannya selama 3 bulan, akan tetapi dengan menggunakan produk ini hanya membutuhkan waktu 3 minggu saja dan berguna juga untuk septik tank yang mampet, maka bisa menggunakan produk ini”, jelasnya.

Ella juga mengatakan, saat ini untuk pemasaran produk STARBO AFE terdiri dari dua kemasan 1,5 liter dan 5 liter dan pembeliannya bisa langsung ke tempat produksi yang berada di Rumah Produksi STARBO AFE Fakultas Peternakan.

“Produk STARBO AFE 1,5 seharga dua puluh lima ribu dan 5 liter seharga seratus ribu. Karena belum ada izin usaha maka penjualannya masih terbatas, dan pada label produk menggunakan RISTEKDIKTI serta nama fakultas”, pungkasnya.

SITI ENIK/UTARI HANDAYANI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com