PPID UNJA PAPARKAN INOVASI LAYANAN PUBLIK DIHADAPAN KOMISI INFORMASI PUSAT

JAKARTA- Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi selaku Pelaksana Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Universitas Jambi (UNJA) Prof. Dr. Ir. Zulkifli Alamsyah, M.Sc dengan didampingi oleh Petugas Informasi Utama, Akbar Kurnia Putra, S.H., M.H. memaparkan inovasi-inovasi layanan informasi publik yang sudah dilakukan oleh Unja dihadapan Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (15/10).

“Presentasi ini merupakan serangkaian proses monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik bagi badan publik yang diselenggarakan setiap tahunnya. Manfaat dari inovasi di pelayanan informasi publik adalah bentuk kontrol masyarakat. Dengan begitu, pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada badan publik akan menjadi lebih baik ” Ujar Zulkifli melalui Petugas Informasi Utama.

Inovasi pendukung KIP yang telah dilakukan PPID Unja telah memberikan pengaruh yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah permohonan informasi dari tahun ke tahun.

“Strategi inovasi yang Unja jalankan antara lain mengembangkan sistem informasi sehingga kebutuhan masyarakat akan informasi publik terpenuhi. Apilikasi yang ada di Unja jumlahnya kini cukup banyak. Agar aplikasi ini mudah dicari, maka kita mencoba menyatukan fitur-fitur aplikasi melalui satu gerbang, yaitu gerbang Unja. Aplikasi ini bisa di akses pada http://gerbang.unja.ac.id ” tutup Akbar

Rangkaian kegiatan Monev KIP Tahun 2019n yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat dilaksanakan kepada 346 Badan Publik yang terdiri atas tujuh kategori yaitu Kementerian, Pemerintah Provinsi, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Lembaga Nonstruktural, Badan Usaha Milik Negara, Perguruan Tinggi Negeri serta Partai Politik. Hasil Monev KIP nantinya akan dilaporkan kepada Presiden Republik Indonesia dan masyarakat luas sebagai kontrol atas pelaksanaan informasi pada badan publik.

AKBAR KURNIA

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com