WAREK BIDANG KEMAHASISWAAN LEPAS 210 MAHASISWA KUKERTA

Rektor Unja, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., melepas mahasiswa KUKERTA. F/DOKHUMASUNJA

MENDALO,- Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan melakukan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu yang ada di Indonesia, pelaksanaannya biasanya memakan waktu satu sampai dua bulan. Kegiatan Kukerta sebagai kegiatan intrakulikuler yang memadukan Tridharma perguruan tinggi yaitu, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Bertempat di Aula Gedung Rektorat lantai III Unja Mendalo, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi, Prof. Dr. Ir. Abdul Aziz, M.Si melepas 210 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Semester Ganjil 2019-2020 yang akan disebar di dua Kecamatan dan 15 Desa yang ada di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (1/10)

Prof. Aziz mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena kegiatan ini mahasiswa akan berinteraksi langsung dengan masyarakat, dan dapat menerapkan ilmu yang didapat ketika kuliah dikampus.

“Ini merupakan pengalaman baru bagi mahasiswa selama berada dilapangan, mahasiswa harus bisa bersosialisasi dengan masyarakat, kegiatan dilapangan tidak sama dengan kegiatan di kampus, karena ada dua sistem pembelajaran dapat dilakukan mahasiswa,” Ujar Aziz.

Dua sistem pembelajaran tersebut adalah di dalam kampus dan pembelajaran di luar kampus. Kegiatan di dalam kampus mahasiswa dibekali ilmu oleh dosen yang ada di kampus dan mendapatkan ilmu diterapkan di lapangan. Kegiatan di luar kampus lebih mengenal karakter masyarakat dan meningkatkan pendapatan atau sumber daya alam yang dapat menjadi nilai tambah penghasilan mayarakat yang dapat diolah berbagai macam hasil.

Sementara itu ketua pelaksana Kukerta Arzial Paiman mengatakan sebelum kegiatan pelepasan ini, mahasiswa Kukerta sudah diberi pembekalan ilmu yang berlangsung lebih kurang dua minggu yang lalu.

“Posko bagi mahasiswa juga sudah disiapkan, jadi hari ini tinggal pelepasan oleh Wakil Rektor, dan kita berencana pada bulan Novernber nanti akan mengadakan Expo yang bertujuan untuk memperkenalkan inovasi-inovasi dari setiap kelompok yang ada didesa tempat mahasiswa Kukerta,” Ujar Arzial.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com