UNJA TUAN RUMAH BKS PTN-Barat 2019

KOTA JAMBI,- Mengambil tema Tantangan Perguruan Tinggi Negeri di Era revolusi industri 4.0, Universitas Jambi (Unja) sukses menyelenggarakan Rapat Tahunan (RATA) ke XL Forum Rektor Badan Kerjasama (BKS) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Wilayah Indonesia Bagian Barat Tahun 2019 yang dilaskanakan dari tanggal 8-10 November 2019 di Swiss Belhotel Jambi, (11/11). Ketua BKS PTN-Barat Prof. Syafsir Akhlus memuji Rektor Unja sebagai tuan rumah dalam pidato sambutannya dihadapan peserta rata yang berasal dari 33 PTN tersebut.

“Saya mengapresiasi peran Rektor Unja. Kehadiran 79 Pimpinan dan Wakil Pimpinan pada acara ini tentu sangat luar biasa, apalagi peserta bisa melihat langsung aksi PTN dalam acara UNJA Award”, tutur Prof.Syafsir Akhlus. Prof.Syafsir juga menjelaskan bahwa raker tahunan ini untuk memberikan manfaat dan peran yang besar bagi dunia pendidikan, merumuskan rencana kerja kedepan sebagai sarana komunikasi dalam menghadapi era revolusi industry 4.0.

Hadir pada RATA ke XL, 16 Rektor, 15 Wakil Rektor Bidang Akademik, 13 Wakil Rektor Bidang Kerjasama, 8 Perwakilan Bidang Ilmu, 27 ketua LPPM serta Koordinator PTN-Barat. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh staf khusus menristekdikti Dr. KH. Abdul Wahid Maktub, M.A., atau dikenal dengan panggilan Gus Wahid, menjelaskan Perguruan Tinggi Negeri di era revolusi industry 4.0.

Pada hari Kedua diadakan sidang pleno atau rapat kerja untuk membahas berbagai persoalan yang menjadi isu strategis di tingkat nasional dan internasional, yang nantinya menjadi catatan dan bahan evaluasi bersama. Rektor Unja, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk mengevaluasi apa yang sudah dikerjakan sesuai rencana, dan sekaligus akan membahas perencanaan satu tahun kedepan.

“Harapannya kita juga bisa menyesuaikan program perguruan tinggi atas penggabungan Dikti dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan” Ujar Prof. Johni

Untuk mempererat silaturahmi anggota BKS PTN Barat, Rektor Unja mengajak seluruh peserta meninjau Tasik Tun Telanai di Kampus Unja Mendalo sambil memancing di danau buatan sebagai ikon baru Unja tersebut dilanjutkan menghadiri penganugerahan UNJA Award bagi Civitas Unja yang berprestasi.

Dalam rapat tahunan tersebut juga disepakati bahwa Rektor Unja, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D terpilih secara aklamasi sebagai Ketua BKS Rektor Wilayah Barat Periode 2019-2021.

Sebagai Informasi, Anggota Forum BKS PTN-Barat terdiri dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Riau (Unri), Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Jambi (Unja), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Lampung (Unila), Universitas Tanjangpura (Untan), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni (ISI) Padang Panjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Unversitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Tirtayasa (Untirta), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), UIN Pekanbaru, Umrah Tanjung Pinang, Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), UIN Raden Fattah Palembang, UIN AR Raniry banda Aceh, Institut Teknologi Sumatera (ITERA), ISBI Aceh, Universitas Samudra (Unsam), Universitas Pertahanan (Unhan), Universitas Siliwangi (Unsil), Universitas Singaperbangsa (Unsika), UPN Veteran Jakarta, UINSU Medan.

Adapun Bidang Ilmu yang turut ambil bagian yaitu Bidang Ilmu Ekonomi, Hukum, Sosial, Pertanian, Teknik, Pendidikan, Kedoteran, MIPA, Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, serta Keolahragaan. Selain itu, Kegiatan BKS Barat tersebut juga dihadiri oleh Forum KKN-Bersama, penjaminan Mutu, PAscasarjana, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Ketua LPPM Se-Wilayah Barat Indonesia.

AKBAR KURNIA

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com