WISUDA UNJA KE-89 BERLANGSUNG SUKSES


MENDALO,- Rapat Senat terbuka Universitas Jambi dalam rangka Upacara Wisuda ke-89 Program Doktor, magister, Profesi, sarjana dan Program Diploma Semester Ganjil tahun akademik 2019/2020 berlangsung di Balairung pinang Masak Unja Mendalo, Rabu (6/11/2019) berlangsung Sukses.

Pada wisuda yang ke-89 mewisuda sebanyak 1246 orang dengan rincian, Doktor (S3) sebanyak 9 orang, Magister (S2) sebanyak 126 orang, Profesi Ners (S1) sebanyak 5 orang, Profesi Dokter (S1) sebanyak 36 orang, Sarjana (S1) sebanyak 941 orang, Program Diploma (D4) dan Program Diploma (D3) sebanyak 123 orang.

Rektor Unja dalam sambutannya mengatakan gambaran Umum Unja saat ini yaitu berbekal pengalaman selama lima dekade sejak Unja berdiri dari tahun 1963 dan didukung oleh Dosen dan tenaga kependidikan berdedikasi tinggi, kepemimpinan yang kuat dengan komitmen yang teguh, serta kepercayaan masyarakat yang tinggi.

“Unja senantiasa berkomitmen dan memainkan peranan penting dalam menghasilkan lulusan berkualitas demi masa depan bangsa. Komitmen jangka panjang Unja adalah aktif ikut ambil bagian dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui pendidikan tinggi yang bermutu,” Ujar Rektor.

Dalam upaya mewujudkan Visi Unja menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang berbasis kewirausahan, potensi besar yang dimiliki Unja saat ini adalah terdapat 14 Fakultas dan satu program Pascasarjana dengan total program studi aktif sebanyak 90 prodi, pada semester ganjil tahun akademik 2019/2020 jumlah mahasiswa terdaftar yang dilayani dari berbagai jenjang pendidikan dan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia sebanyak 27.799 mahasiswa.

“Potensi tenaga pendidik dan kependidikan yang dimiliki sebanyak 1087 dosen yang terdiri atas 267 orang (25%) berkualifikasi pendidikan S3 dimana 37 orang diantaranya telah bergelar guru besar dan 820 dosen berkualifikasi pendidikan S2 (75%). Sementara itu jumlah tenaga kependidikan yang membantu kelancaran Tridarma perguruan tinggi PT sebanyak 891 orang yang terdiri atas 258 PNS dan sisanya Non PNS,” Tambah Rektor.

Dengan potensi sumberdaya yang dimiliki tersebut dalam usianya yang ke-56 pada tahun ini Universitas Jambi telah masuk kedalam peringkat 4876 dari 28.718 perguruang tinggi didunia versi Webometric bulan Juli 2019 atau pada tingkat nasional masuk kedalam rangking 66 dari 4652 jumlah perguruan tinggi di Indonesia diaman salah satu parameter penentu dari perangkingan tersebut adalah jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan Unja dan disitasi oleh indeksitasi global dari berbagai perguruan tinggi didunia. Capaian peringkat tersebut jika direflesikan dengan kondisi internal Unja saat ini dan kedepannya cukup optimis untuk masuk kedalam peringkat 1000 perguruan tinggi unggul didunia dalam satu dekade mendatang.

Wisuda kali ini dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D., untuk memberikan Orasi Ilmiah dengan judul “Revolusi Kurikulum Perguruan Tinggi dalam Menyongsong Transformasi Pendidikan Menuju Lulusan Berdaya Saing Global”.

“Pemerintah telah menetapkan Roadmap Making Indonesia 4.0 sebagai strategi dalam mencapai target menjadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2030, jumlah penduduk yang banyak ditunjang dengan perkembangan insfrastruktur dan SDM merupakan modal penting untuk melaksanakan Revolusi Industri 4.0 pada titik ini, Empowering humas talent adalah kunci kemajuan Indonesia, setelah prioritas pada pembangunan insfrastruktur ke depan kita akan melanjutkan pada pengembangan SDM, untuk itu segenap elemen bangsa perlu menguasai peluang dan tantangan teknologi baru, peluang Revolusi Industri 4.0 ini sangat besar jika kita mampu beradaptasi dan bertrasformasi secara efektif dan relevan,” ujar Prof. Ganefri.

Revolusi Industri 4.0 tidak hanya mengubah industri namun juga karakteristik banyak bidang keahlian dan pekerjaan, cara berkomunikasi, berbelanja, berinteraksi, hingga gaya hidup. Oleh karenanya selain mempertahankan eksistensi usaha pelaku bisnis juga menghimbau agar memberikan dukungan pelatihan agar anak bangsa terus berkembang dan sigap mengikuti perkembangan digital.

Wisuda ke-89 dihadir oleh ketua senat dan anggota senat Universitas Jambi, Staf Ahli Gubernur jambi, Ketua dan Anggota Dharma Wanita Unja, Kabag dan kasubbag dilingkungan Unja, Dosen dan Tenaga Pendidik, Orang Tua dan Wali wisudawan serta Undangan lainnya.

Silvia Yuliansari

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com