Prodi Biologi FST Adakan Kuliah Umum Peran Amphibu sebagai Bioindikator Untuk Kerusakan Lingkungan

MENDALO,- Katak merupakan indikator biologis kerusakan lingkungan. Tidak adanya katak di sebuah ekosistem baik perairan maupun darat menjadi indikator sederhana kerusakan lingkungan yang bisa disebabkan oleh pemanasan global, Fakultas Saint dan teknologi Program Studi Biologi mengadakan kuliah Umum dengan tema ““Amphibian Communities as Bioindicator for Forest Disturbance” Diruang Rapat SPI, Unja Mendalo, Selasa (3/11/2019).

Kuliah umum ini menghadirkan pemateri dari University of Humburg, André Jankowski, kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FST Dr. Tedjo Sukmono,S.Si., M.Si.

Ketua Program Studi Biologi, Fitratul Aini, M.Si mengatakan Kuliah Umum ini diikuti puluhan mahasiswa Prodi Biologi FST Unja.

“Kuliah umum ini memaparkan peran Amphibi sebagai bioindikator untuk kerusakan lingkungan,” Ujar Fitratul Aini.

Sementara itu Andre Jankowski memaparkan hasil penelitiannya kepada peserta seminar bahwa ia berhasil berhasil mendapatkan 60 spesies Amphibi dengan jumlah 8.796 individu dari Bukit Barisan dan Bukit Tiga Puluh, berdasarkan analisis genetik, André Jankowski berhasil menemukan 12 spesies baru.

Hutan primer memiliki keanekaragaman Amphibi yang lebih tinggi dibandingkan hutan sekunder. Pada hutan sekunder dengan tutupan kanopi tinggi memiliki keanekaragaman Amphibi yang lebih tinggi dibandingkan hutan sekunder dengan tutupan kanopi yang rendah. Pada lahan yang rusak dan lahan yang di alih fungsikan sebagai lahan produksi umumnya terjadi penurunan drastis dari keanekaragaman amphibi karena lahan sudah tidak sesuai dengan mikrohabitat dari Amphibi.

Didalam kuliah umum ini juga dilakukan sesi tanya jawab dari peserta kuliah umum dan narasumber serta di pandu oleh moderator Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FST Dr. Tedjo Sukmono,S.Si., M.Si.

Silvia Yuliansari

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com