Sosialisasi SNMPTN 2020

MENDALO,- SNMPTN 2020 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukan bagi siswa yang berprestasi yang lulus sekolah tahun ini, Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui tiga tahap yaitu Pendaftaran PDSS SNMPTN oleh kepala sekolah dan verifikasi oleh alamat pdss.snmptn.ac.id tahap kedua yaitu pemeringkatan dan tahap ketiga adalah pendaftaran SNMPTN di alamat web.snmptn.ac.id.

Universitas Jambi saat ini tengah melalakukan sosialisasi SNMPTN 2020, kali ini sosialisasi diberikan kepada siswa SMA/MA/SMK negeri dan swasta yang ada di Kota Jambi, pada Selasa (2/12/2019) di Ruang Senat Gedung Rektorat Lantai III Unja Mendalo.

Sosialisasi dihadiri langsung Rektor Unja, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. H. RA. Muthalib, M.S., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Ir. Abdul Aziz, M. Si, Kepala Biro Akademik Kemahasiwaan, Dra. Hj. Aprilllitazavivaryati, M.M., Kepala PDIK Humas, Akbar Kurnia Putra, S.H., M.H, kepala sekolah, Guru BP, serta perwakilan Siswa kelas 3 SMA/MA/SMK se-kota Jambi.

Rektor Unja memberikan arahan tentang seleksi SNMPTN kepada peserta sosialisasi, kemudian berdialog langsung dengan memberikan kesempatan tanya jawab kepada peserta sosialisasi SNMPTN 2020.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN dimuali pada Registrasi akun LTMPT pada tanggal 2 Desember 2019 sampai 07 Januari 2020, kemudian dilakukan pengisian data PDSS pada tanggal 13 Januarisampai 06 Februari 2020, untuk pemeringkatan oleh sekolah dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 6 februaru 2020 dilanjutkan dengan pendaftaran SNMPTN pada tanggal 111 sampai 25 Februari 2020 dan hasil pengumuman hasil SNMPTN pada tanggal 4 April 2020.

Tujuan dilaksanakan SNMPTN ialah memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA didalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

Ketentuan umum SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelurusan prestasi akademik dengan menggunakan lapor dan portofolio akademik. Rappor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolaj Nasional (NPSN), melakukan registrasi, memiliki akun LTMPT dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar, siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS, siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut dan siswa yang telah lulus SNMPTN tidak diperbolehkan ikut dalam SBMPTN.

Sedangakan persyaratan SNMPTN ialah, Siswa SMA/MA/SMK kelas akhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul, registrasi Akun LTMPT, memiliki NISN yang terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor semester 1 sampai 5 yang telah dilegalisir oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 sampai 7 bagi siswa dengan setara belajar 4 tahun dan memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

Silvia Yuliansari

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com