LPTIK PERKENALKAN APLIKASI RAPOR

JEFRI: ORANG TUA MAHASISWA DAPAT MEMANTAU STUDI ANAK

MENDALO,- Lembaga Pengembangan Teknolopgi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Jambi (Unja) saat ini telah membuat fitur Rapor Studi Mahasiswa yang diperuntukan bagi orang tua/wali mahasiswa untuk memantau perkembangan studi anaknya. Fitur ini sudah dapat di akses oleh orang tua pada laman https://siakad.unja.ac.id/sisinfoorangtua.

“Dengan fitur ini, orang tua dapat mengetahui berbagai informasi khususnya menyangkut perkembangan nilai akademik anak, biaya pendidikan, organisasi yang diikuti, prestasi yang diraih, serta informasi lainnya,” Ujar Jefri.

Masih menurut Jefri, agar fitur ini tidak melanggar Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, orang tua dan anak haruslah berkomunikasi terlebih dahulu. Atas seizin anak, orang tua baru dapat mengakses fitur ini melalui akun SIAKAD anak.

“Fitur rapor mahasiswa hanya dapat diakses oleh orang tua/wali yang sudah diberikan izin melalui akun SIAKAD anak. Izin anak diperlukan agar keberadaan fitur ini tidak melanggar undang-undang keterbukaan informasi publik. Mudah-mudahan dengan fitur ini orang tua dapat berperan serta secara maksimal memonitor kemajuan anak yang nanti akan berujung pada peningkatan prestasi anak serta memperpendek rata-rata masa studi di Universitas Jambi,” Jelas Jefri.

Sementara itu Sekretaris LPTIK, Edi Saputra, S.T., M.Sc. mengatakan, Informasi yang dapat diakses pada kontent ini yaitu, Perkembangan Akademik Mahasiswa, Nilai Akademik Mahasiswa, Biaya Pendidikan Mahasiswa selama studi, organisasi yang di ikuti mahasiswa dan prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa.

“Untuk dapat menggukanan layanan ini, orang tua /Wali menghubungi mahasiswa yang bersangkutan untuk menanyakan nomor mahasiswa dan kode akses orang tua/wali untuk mengakses rapor mahasiswa” Ujar Edi.

Edi menambahkan, Orang Tua/Wali dapat langsung mengakses sistem informasi akademik (siakad) melalui alamat www.siakad.unja.ac.id kemudian pilih menu Rapor Study Mahasiswa.

“Masukkan Nomor Mahasiswa dan Kode Pengaman di bilah sebelah kanan, jika menggunakan layar kecil (HP) form ada di bagian bawah. Selanjutnya klik tombol Akses Rapor, Jika berhasil masuk ke rapor mahasiswa, silahkan klik pilihan menu yang tersedia untuk mengakses rapor mahasiswa,” tutup Edi.

JEFRI MARSAL/SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com