PEMILIHAN REKTOR UNJA PERIODE 2020-2024

MENDALO,- Proses pemilihan rektor Universitas Jambi periode 2020-2024 telah selesai dilaksanakan dalam rapat tertutup senat yang berlangsung di Ruang Senat Gedung Rektorat Kampus Mendalo. Untuk menjaga akuntabilitas, Rapat tertutup senat ditayangkan secara langsung melalui fasilitas live streaming, (9/1).

“Anggota senat yang hadir sebanyak 55 orang dari 56 anggota. Satu anggota senat berhalangan hadir karena sedang melakukan pengobatan di luar kota. Total jumlah keseluruhan surat suara sebanyak 85 suara termasuk didalamnya suara menteri sebanyak 35% dari jumlah anggota senat yang hadir. Menteri memiliki 30 surat suara untuk pemilihan rektor kali ini” Ujar Fauzi Syam, Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Rektor saat memberikan keterangannya.

Fauzi Syam juga mengatakan, proses pemilihan berjalan dengan demokratis dan tahap-tahap pemilihan sudah dilalui.

“Sesuai dengan peraturan menteri, semua proses pemilihan sudah dilaksanakan. Pada proses awal yaitu proses penjaringan, dilaksanakan pada tanggal 9 September 2019 dengan 5 bakal calon dan kelima bakal calon telah memenuhi syarat. kemudian tahap selanjutnya adalah tahap penyaringan. Pada tanggal 30 September 2019, dengan proses pemilihan senat, didapat 3 nama calon. Dan tahap terakhir adalah tahap pemilihan yang dihadiri oleh kuasa menteri yaitu proses pemilihan rector yang alhamdulillah berjalan secara demokrasi,” tambah Fauzi.

Sementara itu Ketua Senat Universitas Jambi, Prof. Amri Amir, S.E., M.E, mengatakan bahwa ketiga calon rektor telah di undang ke Jakarta untuk bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“ Pada tanggal 13 Desember 2019, ketiga calon sudah melalukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) ketiga calon rektor oleh Menteri secara langsung, Atas dasar itulah menteri memberikan suaranya ke salah satu calon,” Jelas Prof. Amril.

Adapun hasil akhir pemilihan rektor yaitu terpilihnya Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D. sebagai Rektor Unja Periode 2020-2024 dengan perolehan suara sebanyak 43 suara. Sedangkan Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D memperoleh 28 suara dan Dr. Sahuri, L. S.H., M.Hum sebanyak 14 suara.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com