FIELD TRIP EDUCATION TK/PAUD PINANG MASAK

JAMBI,- Field trip adalah studi lapangan yang dilakukan oleh siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang terjadi atau dilaksanakan diluar sekolah. Field trip merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran diluar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan. Kegiatan field trip ini bukan hanya sekedar kegiatan dimana anak hanya asyik bermain diluar lingkungan sekolah, namun anak tetap bisa di ajak untuk belajar.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Jambi, Dra. Hj. Evi Sholia Rozzana, M.M mengajak Murid TK/PAUD Pinang Masak melakukan field Trip education for kingdergarten di Bandara Sultan Thaha, (8/1).

Evi mengatakan, tujuan dari field trip ini adalah untuk mengenal dunia penerbangan serta bagaimana cara kerja di bandara yang ada di Provinsi Jambi ini.

“Tujuannya adalah untuk mewujudkan cita-cita untuk mewujudkan SDM di Jambi siap menjadi enterprenuership siap kerja di era industri 4.0. Dalam edukasi ini, anak-anak belajar sambil bermain membuat hayalan mereka untuk masa depan bahwa pekerjaan dan transportasi itu banyak dalam dunia penerbangan yang dikenal sebagai pilot dan pramugari,” Ujar Evi.

Evi juga menjelaskan bahwa dunia penerbangan bukan hanya ada pilot dan pramugari tetapi berbagai profesi ada didalamnya.

“Pesawat tidak akan terbang tanpa ada tenaga lain di ground meliputi ground staff yang didalamnya ada petugas chek-in, boarding gate, baggage handling, AMC (pengatur jalur yang di lalui pesawat di apron, taxiway & runway untuk takeoff dan landing, Marshall, memandu pesawat parkir agar aman tidak bersengolan sayap pesawat, portair, Avsec (pengamanan di seluruh Area Terbatas Bandara), Rescue Fire Fighting Service (RFFS) fungsinya saat pesawat dalam kondisi emergency seperti kebakaran dan selain itu memberikan hiburan penyambutan Pesawat/ Armada/

Maskapai Perdana mendarat di bandara tersebut dengan menyemprotkan Air ke Udara di Water Salute. Anak-anak dikenalkan dengan prefesi tersebut,” tutup Evi.

Ketua DWP juga mengatakan tujuannya edukasi ini agar anak-anak ini sudah terbina dan fokus mewujudkan cita2nya agar bisa berbakti pada agama dan negara Republik Indonesia. Kedatangan murid TK Pinang Masak disambut oleh perwakilan Angkasa Pura II DJB Airport, Murid-murid diajak berkeliling bandara untuk melihat suasana didalam bandara mulai dari proses chek-in, sampai menuju ke pesawat.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com