SOSIALISASI PENELITIAN & PPM TAHUN ANGGARAN 2020

MENDALO,- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi menggelar sosialisasi kegiatan penelitian dan PPM untuk tahun anggaran 2020. Kegiatan yg diselenggarakan di Aula Rektorat Lantai 3 Kampus Mendalo ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. R.A. Muthalib, M.S., didampingi oleh Ketua LPPM, Dr. Ade Octavia, S.E., M.M. (22/1)

Prof. Muthalib dalam sambutannya mengatakan bahwa anggaran penelitian Universitas Jambi dari tahun ke tahun semakin meningkat.

“Ini artinya, output penelitian haruslah berbanding lurus dengan anggaran yg sudah disediakan. Oleh karena itu, penelitian yg dihasilkan haruslah berdampak luas sehingga peringkat universitas juga bisa ikut naik secara nasional,” Ujar Prof. Muthalib.

Selepas sambutan, kegiatan dilangsungkan dengan pemberian penghargaan kepada para peneliti Unja dengan berbagai kategori yaitu kategori publikasi internaional terproduktif yang diberikan kepada Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd., M.Si., kemudian kategori pengelola jurnal bereputasi terbaik dengan kategori SINTA 2 dan DOAJ diberikan kepada Dr. Junaidi, S.E., M.Si., pengelola pada Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Prodi Magister Ilmu Ekonomi dan Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc., Ph.D, pengelola jurnal Indonesian Research Journal in Education pada Prodi Doktor Kependidikan.

Penghargaan kategori produk inovasi terbaik diberikan kepada Prof. Dr. Ir. Adriani, M.Si., Ir. Ella Hendalia, M.S., dan Dr. Drh. Fahmida, MP., untuk kategori hak kekayaan intelektual/paten terbaik diberikan kepada Dr. Ir. Elis Kartika, M.Si., dan yang terakhir, kategori buku ajar diberikan kepada Dr. Tona Aurora Lubis, S.E., M.M.

Sebagai informasi,kategori peraih penghargaan dinilai melalui akun SINTA. Adapun pemberian piagam penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Ketua dan Sekretaris LPPM kepada para nominator terpilih.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi penelitian dan PPM yang dipimpin langsung oleh Ketua LPPM. Dalam arahannya, Ketua LPPM berharap agar serapan anggaran di tahun ini bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“LPPM berharap agar dana-dana penelitian yang sudah di anggaran dapat menghasilkan luaran-luaran yg inovatif dan kompetitif,” Ujar Ade.

Ade juga menambahkan bahwa LPPM juga tengah menyiapkan panduan dasar bagi para peneliti agar memudahkan dalam proses seleksi kedepan.

“Tahun ini kita akan mengeluarkan revisi untuk panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk memastikan proposal-proposal yg diusulkan sesuai dengan kriteria yg ada di unja dan mengacu pada kriteria yg sudah ditetapkan oleh kementerian,” tambahnya.

Tampak hadir seluruh peneliti se-universitas jambi pada kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peneliti dengan LPPM.

Akbar Kurnia Putra

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com