UNJA MILIKI 38 APLIKASI SISTEM INFORMASI

MENDALO,- Untuk menyesuaikan kebutuhan sivitas akademika, kapasitas jaringan internet di Universitas Jambi (Unja) telah ditingkatkan setiap tahunnya. Pada tahun 2016 lalu, Unja melalui Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) telah berlangganan jaringan internet berupa dedicated bandwidth sebesar 110 Mbps. Di tahun 2019, Unja kembali menambah dedicated bandwidth internetnya dan menambah jumlah titik akses WiFi menjadi 120 sehingga kini Unja memiliki bandwidth internet sebesar 2950 Mbps atau 2,95 Gbps.

“Adanya peningkatan kapasitas jaringan internet, untuk meningkatkan availability dan keamanan sistem informasi yang dimiliki, sejak tahun 2018 semua server aplikasi yang dimiliki oleh Universitas Jambi telah dipindahkan ke cloud data center yang di kelola oleh sistem sigma, selain terjadinya peningkatan jaringan terdapat juga peningkatakan pada sistem aplikasi yang dibuat oleh LPTIK” Ujar Rektor pada wisuda ke-90 Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana dan Diploma di Balairung Pinang Masak Kampus Mendalo, (18/1).

Rektor juga mengatakan bahwa sejak 5 tahun terakhir, ada 38 jenis aplikasi yang telah dibangun di Unja sejak 2016-2019 dan ada tiga aplikasi yang dirintis sejak 2014 sampai dengan 2015 yang berhasil di upgrade pada tahun 2019.

“Seperti pada tahun 2016, ada aplikasi sistem informasi yaitu Presensi Online dengan alamat web www.presensi.unja.ac.id aplikasi ini digunakan untuk kegiatan presensi yang diperuntukan bagi dosen dan pegawai”. Tukas Rektor.

Pada tahun 2015, ada juga sistem informasi yang digunakan mahasiswa untuk mengetahui tagihan yang harus dibayar seperti UKT dan Kukerta dengan alamat webnya www.epayment.unja.ac.id. Kemudian ada aplikasi e-Learning tertutup yaitu kelas didunia maya yang dibuat oleh dosen dan pesertanya adalah mahasiswa di kelas tatap muka.

Selain itu, Rektor juga mengatakan, pada tahun 2017, dibuat website resmi Universitas Jambi dengan alamat web www.unja.ac.id. Website ini berisikan informasi tentang Unja, struktur organisasi, video, profil, kegiatan dan opini dan semua informasi tentang Unja dibuat dengan menggunakan dua bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

“Tahun 2017 dibuat aplikasi sistem informasi akademik dengan alamat web www.siakad.unja.ac.id aplikasi ini diperuntukan menyimpan data dan mengelola kegiatan akademik. Data yang disimpan meliputi data dosen, mahasiswa, mata kuliah, kurikulum, rencana dan hasil studi mahasiswa.” Jelas rektor.

Kemudian pada tahun 2017 ada beberapa aplikasi lainnya seperti, Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian, Aplikasi Repository, Aplikasi Open Journal System, aplikasi Open Conference System, Aplikasi Sistem Informasi Pelacakan lulusan (Tracer Study), Aplikasi Sistem Informasi Persuratan, SMS Broadcast, E-learning terbuka (Open Online Course).

Pada tahun 2018 terdapat 18 Aplikasi yang telah dibangun yaitu Aplikasi Sistem Informasi Perpusatakaan, Sistem Informasi Kemahasiswaan, Sistem Informasi Humas, Sistem Informasi Sumber Daya Terintergrasu, Sistem Elektronik Terintergrasi Tugas Akhir Mahasiswa, Sistem Informasi Kepegawaian Jambi, Sistem Informasi Qluh, Sistem Informasi Pelatihan, Aplikasi untuk survey online, Sistem Pengambilan keputusan untuk seluruh pimpinan, Sistem pengambilan Keputusan untuk Program Studi dan Universitas, Video Profil, Sistem Informasi Monitoring Serapan, Sisrtem Informasi Remunerasi, Sistem Informasi Perencanaan dan Keuangan, Sistem Aplikasi Manajemen Perencanaan, Reception Keu. Sistem Informasi Perjalanan Dinas.

Sedangkan pada tahun 2019 terdapat 7 aplikasi yang tekah dibangun, seperti Aplikasi Gerbang Unja, Sistem Pendayagunaan Aset, Sistem Informasi Peta (Maps), Sistem Informasi Laboratorium, Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru, Sistem Informasi Pencatatan Kinerja Pegawai dan Sistem Informasi Registrasi Mahasiswa Baru Online.

Silvia Yuliansari

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com