KULIAH UMUM BERSAMA BADAN INTELEJEN NEGARA REPUBLIK INDONESIA

MENDALO,- Sekitar 2000 mahasiswa Universitas Jambi mengikuti Kuliah Umum bersama Direktur Diseminasi dan Publikasi Deputi Bidang Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia (RI), Brigadir Jenderal Pol. Dr. H. Darmawan Sutawijaya,M.Hum di Balairung Pinang Masak Kampus Mendalo, Kamis (30/1).

Kuliah umum yang mengambil tema `Membangun Jiwa Pancasialis Guna Mencegah Radikalisme` dihadiri oleh plh.Rektor Prof. Dr. Ir. Abdul Aziz, M.Si, Ketua Senat, Prof. Dr. H. Amri Amir, S.E,M.E, Dekan Fakultas Hukum, Dr. Helmi, S.H.,M.H, Rektor Unja Periode 2016-2020, Prof. H. Johni Najwan, S.H.,M.H.,Ph.D, Undangan serta Mahasiswa Bidikmisi Universitas Jambi.

Brigjen Darmawan kepada mahasiswa mengatakan salam hormat dari Kepala BIN Republik Indonesia, Prof. Dr. Budi Gunawan, SH.MSi kepad sivitas akademika Universitas Jambi.

“ Kepala BIN RI berharap kepada kita semua untuk sama-sama menyongsong Indonesia yang lebih maju kedepan. Sehingga, kemajuan bangsa Indonesia ini akan sama-sama kita rasakan demi kemakmuran dan keadilan bagi kita semua,” Ujar Brigjen Pol. Darmawan.

Kemudian Brigjen Pol. Darmawan mengatakan untuk sama-sama mempersiapkan diri dan membangun Indonesia yang unggul dan berdaya saing.

“ Perlu kita ketahui akhir-akhir ini tantangan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas unggul dan berkompeten bukanlah suatu pekerjaan mudah, perlu adanya keseriusan khususnya bagi pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk mempersiapkan diri membangun masyarakat Indonesia yang unggul dan mampu berdaya saing,” Ujar Brigjen Pol. Darmawan kepada Mahasiswa yang hadir.

selain itu ia juga mengatakan dengan kemajuan teknologi sekarang ini banyak paham-paham yang bermunculan, untuk itu ia mengajak mahasiswa Unja untuk bisa menghadapi paham-paham yang keluar dari aturan dan kaedah yang terdapat didalam agama.

“Kami melihat banyak paham-paham yang bermunculan melalui media sosial. Untuk itu kita harus mencermati setiap konten yang ada agar kita mengetahui tentang konten tersebut, sehingga kita tidak terjebak oleh pemahan keliru dan kita tidak akan terjebak dengan konten-konten yang bertentangan dengan aturan dan kaedah yang ada didalam agama kita,” Jelas Brigjen Pol. Darmawan.

Sementara itu Pelaksana tugas harian (plh) Rektor, Prof. Dr. Ir. Abdul Aziz, M.Si mengatakan penanaman nilai pancasila sudah ditanamkan sejak masa ia sekolah sampai saat ini.

“ Dari dulu pada jaman saya sekolah sudah ditanamkan nilai-nilai Pancasila, dan sekarang ini itu masih ada namun di era sekarang ini perlu kita giatkan bersama sehingga akan terwujud jiwa Pancasialis guna mencegah Radikalisme,” Ujar Prof. Aziz.

Kemudian Prof. Aziz menyampaikan ucapan terima kasih dari BIN Republik Indonesia yang sudah memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Unja untuk membangun jiwa pancasialis melalalui kuliah umum ini.

“ Atas Nama Universitas saya mengucapkan terima kasih kepada BIN RI karena telah bersedia memberikan kuliah umumnya kepada mahasiswa Unja,” Jelasnya.

Didalam kegiatan kuliah umum juga diadakan tanya jawab antara mahasiswa dan Brigjen Pol. Darmawan, terlihat mahasiswa begitu antusias mengajukan pertanyaan seputar jiwa pancasialis untuk menangkal radikalisme.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com