Seberapa Pentingkah Humas di Lembaga Pemerintahan

Kalau mendengar kata Humas (Hubungan masyarakat) sebagian orang beranggapan Humas hanya memiliki tugas mendokumentasikan kegiatan suatu Instansi pemerintahan maupun perusahan swasta, Humas kerap disebut `tukang ambil muka` karena salah satu tupoksinya selalu mendokumentasikan (memotret/Photo) kegiatan pimpinan maupun kegiatan instansi suatu pemerintah maupun swasta. Kata `tukang ambil muka` sudah sering terdangar namun melalui tulisan ini penulis ingin sampaikan bahwa pekerjaan Humas bukan hanya pendokumentasian atau tukang photo saja namun ada tugas lain yang juga penting selain dari photo.

Menurut Howard Bohham Pengertian humas atau public relations adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik yang dapat memperdalam kepercayaan publik yang lebih baik atau pemberdayaan lebih tinggi terhadap suatu lembaga atau organisasi.

Sementara itu menurut Ruslan (1995:8-9) Pengertian humas atau public relations menurut Ruslan adalah suatu proses yang kontinyu dari usaha manajemen untuk memperoleh kemauan baik dan pengertian dari para pelanggannya, konsumen, pegawainya, dan publik umumnya. Kedalam mengadakan perbaikan dan pembenahan melalu membangun budaya perusahaan berbentuk disiplin, memotivasi, meningkatkan pelayanan, dan produktivitas kerja. Sedangkan keluar, berupaya menciptakan kepercayaan dan citra perusahaan yang sekaligus memayungi serta mempertahankan citra produknya.

Selain itu Humas menurut definisi kamus terbitan IPR (institute Of Public Realition) yaitu sebuah lembaga humas terkemuka di Inggris dan Eropa terbitan November 1987, Humas adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya.

Jadi Humas (hubungan masyarakat) adalah usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat, seni komunikasi diperlukan didalam Humas karena dengan begitu akan terbangun saling pengertian serta menghindari kesalahpahaman dan mispersepsi dengan khalayak sehingga terbangun citra positif lembaga. Pekerjaan Humas lainnya ialah membuat sebuah media internal yang akan membawa nama baik instnasi/lembaga.

Salah satu peran penting Humas adalah mencipatakan citra baik organisasi, ia dituntut untuk bisa mengedukasikan ke khalayak tentang kelebihan dan keungglan sebuah instansi/lembaga yang berada didalam naungannya. Didalam Humas terdapat staf yang memiliki kemampuan untuk menulis berita berupa Press release yang akan disampaikan kepada Khalayak melalui media masa baik itu koran, majalah dan media elektronik bahkan media internal dari instansinya.

Humas menjadi penting dimiliki oleh sebuah instansi pemerintahan dan swasta hal ini dikarenakan keberadaannya sebagai jembatan penghubung antara organisasi dengan publik sebagai pengguna jasa, terutama jika terjadi suatu peristiwa di sebuah intansi pemerintahan dan swasta tentang sebuah kebijakan yang di ambil oleh instansi tersebut namun memiliki pertentangan di khalayak maupun masyarakat dan instansi pemerintah/swasta, disinilah peran Humas untuk memberikan tanggapan dan respon atas aktifitas yang telah dilakukan maka para pekerja di bidang kehumasan bertugas menjaga harmonisasi atau fungsi internal, memberikan fungsinya kepada khalayak dengan mengumumkan/menginformasikan kepada khalayak tentang kebijakan yang di ambil oleh pimpinan instansi pemerintahan ataupun lembaga sehingga sistem dan mekanisme kerja menjadi kondusif demi mencapai tujuan organisasi, Tidak hanya menjaga hubungan baik dengan Khalayak, Humas juga selalu menjaga hubungan harmonis dengan media masa baik itu media cetak maupun media elektronik.

Namun ada sebagian orang masih beranggapan Humas tidaklah begitu penting, keberadaannya masih di lihat sebelah mata tanpa melihat seberapa pentingnya keberadaanya di sebuah instansi pemerintahan maupun swasta, Humas di anggap penting karena salah satu tugasnya yaitu mendokumentasikan seluruh kegiatan kelembagaan baik itu lembaga pemerintahan maupun swasta, dalam tugas dokumentasinya, para pekerja di Humas biasanya merupakan seorang Photografer Profesional yang telah memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang dunia Photografer hal ini penting, karena ketika pekerja Humas mengambil dokumentasi dari suatu kegiatan ia telah dibekali dengan pelatihan yang telah diikutinya untuk tugas dokumentasi, dokemntasi dalam bentuk video dan photo akan terasa berarti dan berguna dikemudian hari bahkan dokuemtasi kegiatan berupa photo merupakan jejak digital nyata dan sejarah bagi sebuah instansi atau individunya.

Dokumentasi kegiatan sangat diperlukan, sebagai contoh di Humas Universitas Jambi memiliki Dokumentasi kegiatan pada tahun 2005 tentang kegiatan program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah Indonesia, dan Unja turut serta dalam mensukseskan program tersebut dengan mengadakan PIN di TK Pinang Masak Unja yang diikuti oleh siswa TK dan masyarakat sekitar Kampus, hal ini bisa kita ungkapkan di publik bahwa Unja sudah ikut serta menjalankan program pemerintah yang peduli terhadap masa depan anak bangsa melalui PIN, tetapi jika diutarakan hanya dengan menggunakan kata-kata dan `seingatnya` tentu orang tidak akan percaya namun dengan jejak digital yang ada masyarakat akan mempercayainya, humas akan memperlihatkan bukti tersebut dengan dokumentasi berupa photo dan diterbitkanya di koran `Suara Unja`.

Selain itu pada tahun 2008 Unja menerima kunjungan dari Sri Sultan Hamengku Buwono X pada acara wisuda ke-51 Universitas Jambi, ini bisa dikatakan Hoax jika tidak dibuktikan dengan kumpulan photo dan koran `Suara Unja` untuk itu marilah sama-sama kita pahami bahwa setiap pekerjaan dan unit kerja yang ada di suatu instansi pemerintahan memiliki fungsinya masing-masing, janganlah kita mengecilkan suatu bagian kecil dari sebuah lembaga tentang keberadaannya. Setiap unit kerja memiliki fungsi, tugas, pokok dan manfaatnya sendiri terhadap instansi tersebut dan marilah kita saling menghargai pekerjaan kita, sejatinya ketika kita bersama apa yang akan kita cita-citakan akan terwujud dengan kebersamaan.

Silvia Yuliansari
Staf Kependidikan Lembaga Pengembangan Teknologi, Informasi,
dan Komunikasi Universitas Jambi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com