REKTOR BUKA DIKLAT KKN

MENDALO,- Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Reguler Universitas Jambi Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 dengan tema Pemberdayaan Potensi Desa Melalui Inovasi Kukerta yang berlangsung di Balairung Pinang Masak Kampus Mendalo, Kamis (13/2).

Diklat Kukerta diikuti oleh 315 orang mahasiswa yang akan di sebar ke 2 Kabupaten dan 1 Kota yang berada di provinsi Jambi.

kedua kabupaten tersebut adalah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Kerinci serta 1 Kota Sungai Penuh.

Rektor dalam sambutannya mengatakan sangat berbangga karena Kukuerta kali ini mengangkat tema menggali potensi yang ada di Desa tempat mahasiswa Kukerta.

“Suatu kebanggaan bagi saya karena kukerta kali ini adalah salah satu kegiatannya untuk membangun desa wisata, mahasiswa diminta untuk bisa menggali potensi desa yang dijadikan sebagai topik utama dalam kukerta ini,” Ujar Rektor.

Rekor juga mengatakan pemilihan tempat Kukerta kali ini sangatlah tepat mengingat ketiga desa memiliki pesonanya masing-masing.

“ Pemilihan lokasi Kukerta sangat tepat sekali karena ketiga tempat ini memiliki pesonanya masing-masing, apa saja potensi di desa itu bisa dikembangkan seperti di Tanjabbar banyak sekali potensi yang didapat, disana ada ternak sapi yang terintegrasi, ada potensi pengembangan lahan gambut untuk tanaman agroindustri dan lain sebagainya,” Jelas Rektor.

Rektor juga berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti Kukerta ini agar dapat mengikuti dengan baik karena kukerta merupakan sarana belajar secara langsung untuk berkomunikasi dengan masyarakat sekitar.

“ Anda nantinya akan bersentuhan langsung dengan masyarakat, ini merupakan sarana anda untuk belajar secara langsung dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, untuk itu kalian juga harus selalu menjaga nama baik almamater dan nanti saya akan ikut turun ke lokasi kukerta,” Jelas Rektor.

Sementara itu Ketua LPPM, Dr. Ade Octavia,S.E.,M.M mengatakan tujuan diadakannya pelatihan ini untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa yang akan turun ke lokasi kukerta.

“ Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak rektor atas kehadiran Bapak Rektor pada kegiatan kukerta ini. Diklat ini bertujuan untuk memberikan wawasan sebelum mahasiswa terjun ke lapangan,” Ujar Dr. Ade.

Selain itu Ade juga menyebutkan Kukerta merupakan mata kuliah pilihan karena ada satu matang kuliah lainnya yaitu magang yang harus di pilih oleh mahasiswa.

“ Kalian yang sudah memilih mata kuliah ini saya ucapkan selamat, karena Kukerta merupakan mata kuliah yang langsung berhubungan dengan masyarakat, setelah ilmu yang didapat di bangku kuliah, sekarang saatnya ilmu tersebut diterapkan. Disaat kalian bertemu dengan masyarakat, kalian akan mengetahui masalah real yang ada di masyarakat,” Terang Ade.

Ade juga berharap kepada mahasiswa agar dapat berperan aktif di tengah masyarakat sehingga dapat membantu masyarakat.

“ Kehadiran mahasiswa diharapkan dapat membantu masyarakat desa tempat peserta Kukerta, sehingga buatlah program kerja yang berguna dan bermanfaat baik bagi masyarakat sekitar juga bagi pemerintah daerah setempat,” Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kukerta Asrizal Paiman mengatakan Kukerta kali ini akan lebih menfokuskan untuk membantu mengembangkan potensi desa tempat Kukerta.

“Kukerta pada semester ini kita fokuskan untuk menyelesaikan potensi desa yang ada untuk dapat dikembangkan kemudian di kenalkan ke luar daerah” Ujar Asrizal

Asrizal juga mengatakan sudah melakukan hal tersebut di desa yang ada di Kabupaten Tanjabtim yang sekarang kami pilih sebagai lokasi Kukerta.

Pada akhir kegiatan juga dilangsungkan seremonial pemasangan Almamater oleh Rektor kepada perwakilan mahasiswa Kukerta tanda dimulainya kegiatan Diklat serta diikuti oleh seluruh peserta Diklat.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com